blank
Para siswa SD bermain di halaman ojek wisata pemandian air hangat Krakal, Kecamatan Alian, Kebumen, belum lama ini.(Foto:SB/Komper Wardopo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kebumen telah membuat kebijakan menutup sementara seluruh tempat hiburan dan destinasi wisata. Hal itu sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko penularan infeksi Corona Virus Disease (Covid-19).

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kebumen Azam Fatoni mengungkapkan, pihaknya telah mengeluarkan surat tertanggal 18 Maret 2020 ditujukan kepada seluruh pengelola hiburan dan karaoke di Kebumen. Surat juga ditujukan kepada pengelola daya tarik wisata dan objek wisata di seluruh kabupaten, serta pengelola desa wisata di Kebumen.

Menurut Azam Fatoni, penutupan sementara tempat hiburan dan seluruh destinasi wisata itu setelah memperhatikan perkembangan penyebaran virus Corona dan untuk melindungi kepentingan masyarakat. Pihaknya mengimbau kepada para pengelola tempat hiburan dan destinasi wisata ditutup sementara waktu, terhitung mulai  19 Maret 2020 sampai dengan adanya evaluasi terhadap perkembangan situasi yang ada.

Selama penutupan tempat hiburan dan destinasi wisata tersebut, pihaknya meminta untuk dilakukan gerakan pembersihan dengan penyemprotan disinfektan dan atau alat kebersihan lainnya sesuai dengan protokol atau SOP layanan kesehataa yang dikoordinasikan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen dan rumah sakit setempat.

Selajutnya Azam juga memerintahkan pengelola hiburan dan desa wisata berkoordinasi dengan instansi kesehatan terdekat apabila menemukan orang yang mengalami gejala terinfeksi virus Covid-19, yaitu demam, flu dan sesak nafas, melaporkan ke layanan pengaduan dan penanganan Covid -19 Kabupaten Kebumen di Kantor Dinas Kesehataan Kabupaten Kebumen nomor telepon (0287-381572 atau 08112647725.

Di Kabupaten Kebumen saat ini ada sejumlah tempat hiburan dan karaoke yang biasa beroperasi malam hari seperti di Kebumen Kota, Pejagoan, Sruweng dan Gombong. Sedangkan destinasi wisata andalan meliputi Gua Jatijajar, Gua Petruk, Pantai Logending, Pantai Petanahan, Pantai Suwuk, Pemandian air hangat Krakal dan dua waduk yaitu Waduk Wadaslintang dan Waduk Sempor.

Selain itu kini makin berkembang obyek wisata desa atau yang dikola oleh masyarakat bersama pihak ketiga. Seperti objek wasata Jembangan di Kecamatan Poncowarno, Pentulu Indah di Karangsambung dan lainya.

Komper Wardopo