blank
BERBINCANG: Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, sambil duduk bersila berbincang dengan penjual jamu bernama Titi, yang menjual Jamu Corona. Foto: heri priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, saat gowes ke Kampung Jamu Wonolopo Mijen, Semarang, Sabtu (21/3/2020), secara khusus disuguhi berbagai jenis jamu tradisional untuk menyambut kedatangannya.

Dari sekian banyak jenis jamu itu, ada satu yang menarik perhatian Ganjar, yakni Jamu Corona. Disebut Jamu Corona, karena diyakini mampu menangkal virus corona. Jamu yang terdiri dari jahe, temu lawak, kunyit dan sereh itu, langsung diseruput Ganjar, usai tiba di lokasi. Ganjar juga menjajal jamu lain, salah satunya Wedang Uwuh.

BACA JUGA : Hercules Skuadron Udara 32 Berangkat ke Cina Ambil Alkes Covid-19

”Niki Jamu Corona pak, bisa menangkal virus Corona. Kalau minum ini, badan jadi sehat, hangat dan segar. Kalau badan fit, virus tidak akan masuk tubuh,” kata Titi (60), salah satu pembuat jamu di Kampung Jamu Wonolopo.

Disebut Jamu Corona, karena saat ini sedang hits soal virus pandemic itu. Beberapa sumber sudah menyebutkan, jahe, temu lawak, kunyit dan sereh bisa menambah imun dan stamina badan. Setelah minum jamu secara rutin dan olahraga, badan menjadi sehat sehingga virus tidak mudah masuk.

Di Kampung Jamu Wonolopo, hampir sebagian besar masyarakatnya adalah perajin jamu. Di setiap rumah yang ada, masyarakat memproduksi sendiri jamu-jamu tradisional itu, kemudian menjual kepada masyarakat.

Beri Edukasi

blank
JAMU ANDALAN: Ganjar Pranowo saat mencoba wedang uwuh, sebagai salah satu jamu andalan Kampung Jamu Wonolopo Mijen, Semarang. Foto: heri priyono

Ganjar pun penasaran dengan cara pembuatan jamu itu. Dia langsung masuk ke dapur salah satu pembuat jamu bernama Supriyanto, untuk melihat proses pembuatannya.

Hampir satu jam lebih, Ganjar berdialog dengan para perajin jamu dan masyarakat di lokasi itu. Tak pernah lelah, dia selalu mengedukasi masyarakat agar menjaga diri dan keluarga dari penularan virus corona.

”Jaga jarak, jangan dekat-dekat. Yang sakit pakai masker. Jangan lupa rajin cuci tangan pakai sabun ya,” saran Ganjar.

Dia pun meminta masyarakat untuk rajin mengonsumsi buah dan multivitamin. Tidak perlu membeli dengan harga mahal, sebab semua bahan itu ada di sekeliling masyarakat.

Heri Priyono-Riyan