blank
Camat Pracimantoro, Warsito (kedua dari kiri) bersama jajaran Forkompincam dan pejabat Puskesmas, menggelar sosialisasi pencegahan virus corona di terminal.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Khabar meninggalnya seorang warga Desa Tawangrejo, Kecamatan Jatipurno, Kabupaten Wonogiri, yang terkena wabah Coronavirus disease 2019 (COVID-19), kini menjadi bahan perbincangan hangat di masyarakat. Masalah ini, juga viral di media sosial (Medsos).

Untuk menghindarkan kepanikan masyarakat, Kamis (19/3), Camat Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Warsito SSos, MM, bersama jajaran Forkompincam dan pimpinan Puskesmas, menggelar sosialisasi pencegahan virus corona di pusat keramaian jantung kota Pracimantoro (40 Kilometer arah barat daya Kota Wonogiri).

Sementara itu, di Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, Forkompincam setempat menggelar Rakor pencegahan virus corona. Kemudian momentum pertemuan para kader Posyandu di Desa Tubukarto, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, juga diisi materi sosialisasi pencegahan Covid-19.

blank
Personel Koramil-13 dan Polsek Pracimantoro bersama PAC NU, membagi-bagikan bantuan masker secara gratis kepada warga.


Menggunakan fasilitas peralatan pelantang suara megaphone, Camat Warsito, menyerukan, agar warga masyarakat tidak perlu panik dan diharapkan dapat bertindak cerdas, serta bijaksana dalam menyikapi pandemi virus corona. Mayarakat diimbau mampu mandiri menjaga kesehatan diri dan keluarganya. Yakni dengan senantiasa menjaga kebugaran tubuhnya, membudayakan perilaku hidup bersih sehat (PHBS), rajin mencuci tangan pakai sabun, dan menghindarkan diri dari kegiatan yang mengundang kerumunan massa.

Masker Gratis
Bersama dengan para petugas medis dari Puskesmas pimpinan Dokter Cahyo Indiryanto MM, dan pengurus dan anggota Banser serta Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pracimantoro, dibagikan seribu masker secara gratis kepada masyarakat. Utamanya diberikan kepada masyarakat yang hadir di pasar dan terminal Pracimantoro.

blank
Para kader Posyandu Desa Tubokarto, Kecamatan Pracimantoro. Kabupaten Wonogiri, bersama petugas Puskesmas, foto bersama sebelum menggelar sosialisasi pencegahan Covid-19.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Anggota DPRD Wonogiri Wawan Hari Purnomo, Kapolsek Pracimantoro AKP Setyono SH, Danramil-13 Kodim 0728 Wonogiri yang diwakili Serda Samsu Ashar, Kasatkom Banser, Agus Wiyono, Ketua  Fatayat NU, Hanik Trimulatsih, Ketua IPNU, Tsulut Taufiq Hidayat, Ketua IPPNU, Elsa Safriani, dan pemuka masyarakat lainnya.

Sebelumnya di Desa Tubokarto, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, para kader Posyandu dan Babinsa Serda Dwi Raharjo, tampil memimpin acara sosialisasi pencegahan Covid-19 di rumah Aris, Dusun Salak, Desa Tubokarto, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri. Bersamaan itu, juga diberikan penyuluhan tentang kesehatan ibu dan balita.

blank
Pertemuan Posyandu di Desa Tubokarto, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, diisi pula dengan penyampaian materi sosialisasi pencegahan virus corona.


Di Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri, digelar Rakor pencegahan Covid-19, yang dipimpin Camat setempat, Suradi, bersama Danramil-14 Jatisrono yang diwakili Batuud Pelda Suyata dan anggota Polsek Ipda Marman. Tampil menyampaikan materi, Kepala Puskesmas Jatisrono, Dokter Kristiawan dan petugas medis Nonot Sumarsono.

Rakor diikuti oleh seluruh Kepala Desa (Kades) dan Lurah se Kecamatan Jatisrono, beserta unsur dinas terkait dan tokoh masyarakat berikut para kader PKK.

Bambang Pur