blank
Sejumlah warga Watumalang Wonosobo sedang antri mengambil air bersih yang dikirim PDAM Tirta Aji setempat. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-PDAM Tirta Aji Wonosobo akan segera memasang pipa air baru sebagai pengganti pipa air yang putus di lokasi pinggir jalan longsor di Dusun Bedali Desa Kuripan Watumalang Wonosobo.

Akibat tebing jalan yang longsor, pipa air sepanjang kurang lebih 200 meter milik PDAM Tirta Aji Wonosobo yang tertanam di pinggir jalan mengalami kerusakan dan aliran air putus total.

Direktur Utama PDAM Tirta Aji Wonosobo H Muchammad Sjahid SIP MSi, dalam konferensi pers di Kantor PDAM Tirta Aji setempat, Kamis (19/3), menyebut sebanyak 5.774 pelanggan air bersih terkena dampak aliran air yang putus.

“Pelanggan air bersih sebanyak itu berasal dari Cabang Watumalang 2.400, Cabang Leksono 2528 dan Cabang Gondang 846. Pengguna air bersih PDAM Tirta Aji tersebut berada di 12 desa dan 39 dusun,” katanya.

Droping Air

blank
Direktur Utama PDAM Tirta Aji Wonosobo, H Muchammad Sjahid SIP MSi. Foto : SB/doc

Guna memenuhi kebutuhan air bersih yang macet total di 3 wilayah tersebut, PDAM Tirta Aji telah mengirimkan droping air ke pelanggan. Droping air dilakukan melalui 3 tangki yang didatangkan dari Purworejo, Temanggung dan Magelang.

“Dalam sehari PDAM Tirta Aji menyediakan kurang lebih 44 ribu liter air untuk pelanggan. Droping air disiapkan sampai proses pemasangan pipa air yang baru selesai. Pemasangan pipa air paling tidak membutuhkan waktu sekitar 10 hari,” sebutnya.

Sementara itu, Direktur Tehnik PDAM Tirta Aji Suparno SSos menambahkan pipa air dengan kualitas yang lebih baik dan kuat, sedang dalam proses pengiriman dari Jakarta. Jika sudah sampai Wonosobo akan langsung dilakukan pemasangan.

“Pemasangan pipa air yang baru digeser ke tempat lain yang lebih aman. Jenis pipa yang dipasang juga lebih baik dan kuat sehingga jika terjadi longsor kembali pipa tidak pecah atau putus karena pipa air yang baru tersebut lebih lentur,” tandasnya.

Muharno Zarka-Wahyu