blank
Ronald Koeman/dok

AMSTERDAM (SUARABARU.ID) – Dampak ditundanya Piala Eropa dari 2020 ke 2021 membuat rencana Ronald Koeman melatih Barcelona tertunda. Manajemen La Blaugrana sudah mengikat perjanjian dengan Koeman yang kini melatih Timnas Belanda. Dalam klausul kontraknya dengan De Oranje, Koemen diizinkan pergi jika Barca mendekatinya setelah Piala Eropa selesai.

Klub Catalan memilih Koeman untuk jadi penerus Quique Setien. Dengan kondisi sekarang, kepindahan pelatih berusia 56 tahun itu ke Camp Nou harus tertunda setahun. Meski demikian, Koeman tak memusingkan hal itu, dan fokus pada pekerjaannya bersama Timnas Belanda.

“Klausul ke Barcelona itu baru aktif setelah Piala Eropa. Tidak ada tanggal pastinya, jadi kini semua berubah. Kendati begitu, saya tak sedikit pun memikirkan itu,” tutur Koeman. Penundaan Euro 2020 juga sedikit menguntungkan Koeman dan Timnas Belanda. Sang pelatih berharap pemainnya yang cedera bisa fit total pada 2021.

“Beruntung ada jeda. Namun, sangat disayangkan Piala Eropa tidak bisa dimainkan sesuai jadwal,” ungkap Koeman. “Kami lolos dengan level yang bagus, dan kami berada dalam kondisi yang sangat baik,” tandasnya. (rr)