blank
KPU Surakarta Lantik Pps Usai KLB Covid-19

SOLO (SUARABARU.ID) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta telah mempertimbangkan untuk menunda agenda pelantikan anggota terpilih panitia pemungutan suara (PPS) Persiapan Pilkada 2020 setelah status kejadian luar biasa terhadap corona virus disease (COVID-19) selesai.

“Keputusan itu, ditetapkan setelah melakukan konsultasi dengan KPU Provinsi Jateng, dan berdialog dengan Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo,” kata Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti, di Kantor KPU Surakarta, Rabu.

Menurut Nurul Sutarti anggota terpilih PPS untuk Pilkada Surakarta ada sebanyak 162 orang yang seharusnya dilantik pada Minggu (22/3), karena Solo statusnya KLP terhadap COVID-19, maka terpaksa harus ditunda hingga 14 hari ke depan.

Kota Solo yang statusnya KLB COVID-19 tersebut, salah satunya Pemkot Surakarta melarang adanya kegiatan yang menghadirkan banyak orang atau massa. Hal ini, untuk mencegah penyebaran virus Corona di wilayah ini.

“Kami rencana melantik 162 anggota terpilih PPS diundur pada tanggal 31 Maret mendatang. Sebanyak 162 anggota PPS terpilih hasil seleksi telah diumumkan KPU Surakarta pada Minggu (15/3),” tutur Nurul.

Nurul mengatakan pada pengumuman 162 anggota terpilih tersebut tahapan berikutnya masyarakat dapat memberikan tanggapan kepada KPU Surakarta. Tanggapan dapat berupa komplain dengan menyebutkan alasannya secara kongkret melalui surat.

“Kami sudah ada beberapa tanggapan masyarakat yang diterima oleh KPU. Namun, kami belum merekapitulasi jumlah tanggapan masyarakat yang masuk itu,” ujarnya.

Menurut dia, jika materi yang disampaikan masyarakat terbukti dan terkait integritas anggota PPS terpilih, maka yang bersangkutan dapat dibatalkan pelantikannya.

KPU Surakarta kini sedang dikejar sejumlah agenda penting terkait tahapan Pilkada 2020. Setelah pelantikan PPS, ada tahap verifikasi faktual syarat dukungan pasangan calon wali kota dan calon wakil wali kota jalur perseorangan. Tahapan ini, bakal dilaksanakan usai pelantikan akhir Maret mendatang.

Sebelumnya, jumlah calon anggota PPS yang mengikuti seleksi tahap ketiga atau tes wawancara untuk persiapan pelaksanaan Pilkada 2020, sebanyak 254 orang dari 54 kelurahan di Solo, pada Rabu (11/3).

Menurut Ketua PKU Surakarta Nurul Sutarti calon anggota PPS tersebut disiapkan untuk tingkat kelurahan pelaksanaan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surakarta 2020, yang bakal digelar pada 23 September mendatang.

“Dari 254 calon anggota PPS yang terpilih hanya 162 anggota, dan akan dilantik pada tanggal 22 Maret mendatang,” ucapnya.

Ant-trs