blank
Jembatan Kranding ambrol, hubungan antardusun antardesa terputus. Menyikapi ini, Babinsa Serda Sajugo dari Koramil-13 Pracimantoro Kodim 0728 Wonogiri, tampil bersama pamong desa dan masyarakat, melakukan pembangunan jalan alternatif.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Babinsa Serda Sajugo, dari Koramil-13 Pracimantoro Kodim 0728 Wonogiri, tampil bersama masyarakat dan pamong desa, bergotong-royong melaksanakan karya bakti pembangunan jalan pintas penghubung antardusun. Yakni jalur darat dari Dusun Dontemu ke Dusun Kranding, Desa Banaran, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri.

Pembuatan jalan pintas antardusun tersebut, dilakukan sebagai alternatif pengganti prasarana infrastruktur jembatan yang ambrol akibat bencana alam banjir beberapa waktu lalu. Seperti pernah diberitakan, Jembatan Kranding yang membentang sepanjang sekitar 20 meter, ambrol diterjang bencana banjir. Letak jembatan yang ambrol ini, berada di jalur alternatif Kecamatan Pracimantoro menuju ke Kecamatan Giritontro.

Babinsa Serda Sajugo, mengatakan, upaya membantu pembuatan jalan pintas penghubung antardusun tersebut, merupakan salah satu dari pelaksanaan fungsi Aparat Komando Kewilayahan (Apkowil). Juga merupakan aplikasi dari upaya pembinaan wilayah desa. Sebagai insan prajurit, tambah Sajugo, harus selalu siap melaksanakan tugas sesuai dengan delapan wajib TNI.

blank
Bersama warga masyarakat dan pamong desa, Babinsa Serda Sajugo, melakukan kerja bakti membangun jalan alternatif, sebagai pengganti akses hubungan darat yang terputus. Itu dilakukan, karena Jembatan Kranding ambrol diterjang banjir.


Mengatasi Kesulitan
Yang pada point ke delapan, disebutkan membantu masyarakat dengan upaya mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya. Di sisi lain, kegiatan gotong-royong bersama warga, menjadi bentuk kecintaan TNI untuk senantias berada di tengah-tengah rakyat. ”TNI kuat karena selalu bersama rakyat,” ujar Serda Sajugo.

Sementara itu, Babinsa Serma Dadang dari Koramil-24 Puhpelem Kodim 0728 Wonogiri, tampil memimpin kerja bakti pembuatan jalan rabat beton sepanjang 62 Meter dan lebar 3 Meter. Lokasinya, berada  di wilayah RT 1/RW 2, Dusun Gondang, Desa Nguneng ,Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri.

Sebagai ujung tombak dari kesatuan, kata Serma Dadang, personel Babinsa harus senantiasa siap membantu masyarakat di wilayah tugasnya. Apa yang dilakukan bersama pamong desa dan warga masyarakat ini, merupakan upaya guna mewujudkan kemanunggalan antara TNI dan rakyat.

blank
Babinsa Serma Dadang (kanan) dari Koramil-24 Puhpelem Kodim 0728 Wonogiri, tampil bersama pamong desa dan masyarakat, melakukan pengerasan jalan di Desa Nguneng, Kecamatan Puhpelem, Kabupaten Wonogiri.


Untuk mengerahkan masyarakat yang bekerja bakti, dilakukan oleh Kepala Dusun (Kadus) Gondang, Parno. Kerja bakti pengecoran jalan tersebut, bertujuan untuk memperlancar hubungan darat di ruas jalan antaradesa, dalam rangka meningkatkan komunikasi dalam mendukung peningkatan perekonomian serta kesejahteraan masyarakat.

Bambang Pur