blank
CEK DARAH: Ganjar Pranowo melakukan cek darah bersama anak dan istrinya. Foto: hery priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Guna memroteksi diri dan keluarga dari wabah virus corona, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, tak henti-hentinya mendorong masyarakat untuk melakukan pengecekan kesehatan dan penerapan pola hidup sehat,

Tidak hanya menghimbau, Ganjar juga langsung memberikan contoh kepada masyarakat, dengan mengajak istri dan anaknya melakukan cek kesehatan di RSUD Tugurejo Semarang, Senin (16/3). Mengenakan kaos bertulis ‘Bersama Lawan Corona’, Ganjar dan keluarga melakukan sejumlah tes kesehatan di rumah sakit milik provinsi Jateng itu.

BACA JUGA : Mensos Juliari Akan Jalani Tes Covid-19

Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen juga ikut melakukan tes kesehatan di rumah sakit yang sama. Datang beriringan, dua tokoh pemimpin masyarakat Jateng itu menyapa masyarakat yang ada di rumah sakit. ”Kalau sakit pakai masker ya, jangan lupa sering cuci tangan. Kalau tidak penting, kurangi bepergian keluar rumah. Kalau batuk, pilek demam dan tidak enak badan, langsung cek. Saya doakan semuanya sehat,” ucap Ganjar kepada pengunjung yang ada di rumah sakit itu.

Tiba di rumah sakit Tugurejo pukul 08.00 WIB, Ganjar dan keluarga serta Gus Yasin langsung menjalani proses pemeriksaan. Mulai pengambilan sampel darah, rontgen, treadmill test dan lain sebagainya. Mengenakan kaos dan celana olahraga, Ganjar melewati semua tes itu sekitar dua jam.

”Sekarang kita harus mendorong masing-masing untuk memproteksi diri. Pastikan diri dan keluarga adalah individu yang sehat. Makanya saya sekarang datang bersama keluarga ke rumah sakit ini minta dicek, sekaligus check up untuk memastikan apakah di antara kami sehat atau tidak,” imbuh Ganjar.

blank
BERI KETERANGAN: Ganjar Pranowo saat memberikan keterangan usai melakukan pemeriksaan di RSUD Tugurejo. Foto: hery priyono

Proteksi Diri
Menurut dia, masyarakat juga harus peduli dengan kesehatan masing-masing dan keluarganya. Pemprov Jateng lanjut dia sudah menyiapkan tujuh rumah sakit milik provinsi untuk melayani tes kesehatan masyarakat. ”Silakan masyarakat periksa ke rumah sakit provinsi. Semuanya gratis,” tegasnya.

Dirinya berharap, semua masyarakat mau membantu dan berinisiatif untuk memproteksi dirinya, agar tidak tertular virus corona. Dikatakan Ganjar, penanggulangan corona akan berhasil apabila semua berjuang bersama melawan corona.

”Saya harapkan semua dukungan masyarakat untuk bersama melawan ini. Saya minta tidak berkerumun. Terapkan pola hidup bersih dan sehat, ubah perilaku hidup, tidak ke luar rumah dan tidak bersalaman dulu. Cek kesehatan dan yang paling penting harus rajin cuci tangan menggunakan sabun. Olahraga, istirahat dan makan makanan bergizi serta vitamin juga penting dilakukan,” pungkasnya.

Di lain sisi, Dokter Patologi Klinik RSUD Tugurejo, Yenny saat berdialog dengan Ganjar menyebutkan, virus corona dapat ditangkal, apabila kondisi kesehatan dan kondisi tubuh baik. Untuk menjaga itu, pengecekan kesehatan sangat penting dilakukan.

”Yang harus diketahui masyarakat, virus corona ini mudah bermutasi. Jadi bisa jadi, gejala yang timbul berbeda-beda dan harus diantisipasi dengan pengecekan kesehatan,” tukas Yenny.

Hery Priyono-Riyan