blank
Para pejabat Pemkot Surakarta yang menjadi peserta lelang jabatan, foto bersama dengan Wakil Walikota dan Panitia Seleksi (Pansel).

SOLO (SUARABARU.ID) – Sebanyak 19 dari 25 orang pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, dinyatakan lolos uji kompetensi lelang jabatan. Kepada mereka, diwajibkan mengikuti uji gagasan yang akan digelar Selasa (17/3) besok.

Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di lingkungan Pemkot Surakarta, Dr Anwar Hamdani SH, SE, MM, MHum, Senin (16/3), mengatakan, ada 25 orang pejabat yang mengikuti uji kompetensi lelang JPTP untuk pengisian 4 jabatan eselon II di Pemkot Surakarta. Hasilnya, ada enam orang pejabat yang gugur, dan sebanyak 19 orang pejabat dinyatakan lolos seleksi.

Penetapan hasil seleksi uji kompetensi ini, diputuskan melalui rapat pleno Pansel di Sekretariat Pansel di Kantor Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Pemkot Surakarta. Rapat pleno dihadiri semua personel Pansel dan dipimpin langsung oleh Ketua Pansel, Anwar Hamdani. Setelah sebelumnya, sebanyak 25 orang pejabat peserta lelang jabatan tersebut lebih dulu mengikuti uji kompetensi.

blank
Sebanyak 19 dari 25 orang pejabat peserta lelang jabatan Pemkot Surakarta, dinyatakan lolos uji kompetensi.

Nilainya Variatif
Menurut Anwar Hamdani, hasil uji kompetensi yang dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian  Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNS Sebelas Maret, nilainya sangat variatif. Ada yang tinggi dan ada pula yang rendah, dengan kategori ada yang Memenuhi Syarat (MS), Masih Memenuhi Syarat (MMS) dan ada yang Kurang Memenuhi Syarat (KMS).

Menyikapi nilai yang variatif tersebut, tambah Anwar Hamdani, telah memunculkan perbedaan dalam pendapat dari anggota Pansel. Karena itu, dalam rapat pleno Pansel akhirnya diputuskan tentang passing grade untuk kategori lulus uji kompetensi. Yakni minimal atau sama dengan 75. ”Artinya, peserta yang dinyatakan lulus adalah yang memperoleh nilai minimal 75,” tegas Anwar Hamdani.

Bagi para peserta yang dinyatakan lulus (lolos) uji kompetensi, kepadanya diwajibkan mengikuti tahap seleksi berikutnya, yaitu uji gagasan dan wawancara di hadapan Pansel. Para peserta diwajibkan menyampaikan presentasi tentang gagasan program yang akan dilakukan, bilamana nanti diberi kepercayaan sebagai pejabat eselon dua.

blank
Para personel Pansel lelang jabatan foto bersama dengan Walikota Surakarta.

Uji Gagasan
Agenda uji gagasan dan wawancara ini, akan dilaksanakan Selasa (17/3) di Ruang Sidodrajat, Hotel Sahid Jaya Surakarta. Peserta yang lolos seleksi uji kompetensi diwajibkan hadir dengan mengenakan busana baju lengan panjang warna putih berdasi.

Dalam uji gagasan tersebut, para peserta diwajibkan menyampaikan presentasi makalahnya, dan para personel Pansel secara bergiliran akan bertanya atau klarifikasi secara bergantian kepada peserta. Setelah uji gagasan, Pansel akan mengadakan rapat pleno lagi untuk menentukan hasil tiga besar, guna diserahkan  kepada Walikota.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Surakarta, Ahyani, sebagai Pejabat yang Berwenang (PyB) mengharapkan, hasil seleksi selesai paling lambat akhir Maret 2020. Selanjutnya, diserahkan kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (Walikota), guna dikoordinasikan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk memperoleh persetujuan.

Hasil Kompetensi
Pansel mengumumkan penetapan hasil uji kompetensi pengisian JPTP di Lingkungan Pemkot Surakarta Tahun 2020 sebagai berikut:

blank
Ketua Pansel lelang jabatan Pemkot Surakarta Tahun 2020, Dr Anwar Hamdani, SH, SE, MM, MHum.


I. Formasi untuk Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah:
1. Dra Andriyani Sasanti MM (Kabid Pembinaan, Kesejahteraan dan Kinerja Aparatur pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah), 2. Dian Rineta ST, MSi (Kabid Pemberdayaan Fakir Miskin Dinas Sosial), 3. Heri Purwoko Joko Siswanto SH, MM (Kabag Humas dan Protokol), 4. Dra Islamtini (Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat), 5. Nunuk Mari Hastuti SH (Kabid Pengembangan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Surakarta).

II. Formasi Kepala Dinas Kebudayaan:
1. Agung Riyadi S.Sos, SH, MM ( Kabag Layanan Pengadaan Barang dan Jasa), 2. Drs Agus Santoso MM (Kabag Umum), 3. Drs Gesang Prihanto MM (Kabag Administrasi Pembangunan), 4. Hendro Pramono SSos (Kabag Pemerintahan), 5. Drs Hery Mulyono MM (Sekretaris Inspektorat), 6.Drs Mufti Rahardjo MM (Kabid Pembinaan dan Pengawasan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan).

III. Formasi Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan: 1. Drs AG. Agung Hendratno MSi (Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian), 2. Drs Aryo Widyandoko M.H ( Kabag Organisasi), 3. Ir Harjana MM (Inspektur Pembantu Wilayah II Inspektorat), 4. Ir Luluk Nurhayati (Kabid Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan).

IV. Formasi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja:
1. Arif Darmawan SSos, MM (Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja), 2. Indradi AP, SH, MM (Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik), 3. Urip Jatmiko SH, MM (Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana), 4. Widyastuti Pratiwiningsih SIP, MM (Sekretaris Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah).

Bambang Pur