blank
Pimpinan Daerah (PD) Muhamadiyah Surakarta, Drs HM Joko Riyanto SH, MM, MH (kanan), menyerahkan SK pelantikan kepada Kasek SMK Muhamadiyah 4 yang baru.

SOLO (SUARABARU.ID) –  Pelantikan empat orang Kepala Sekolah (Kasek), dilaksanakan serentak di Gedung Dakwah Muhammadiyah Solo. Pelantikan dilakukan oleh Pimpinan Daerah (PD) Muhamadiyah Surakarta, Drs HM Joko Riyanto SH, MM, MH, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Surakarta beserta seluruh Pimpinan Majelis Dikdasmen Kota Surakarta.

Ikut hadir pula Pimpinan Cabang Muhammadiyah, para Kasek Muhammadiyah Surakarta, para guru dan tenaga kependidikan yang Kepala Sekolahnya dilantik. Acara ini, diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran yang dibacakan oleh Listiyanto Eko Putro (SD Muhamadiyah 2), menyanyikan lagu Indonesia Raya, dan doa yang dipimpin oleh KH Drs Muqorrobin, serta laporan dari Ketua Majelis Dikdasmen.

Ketua Pimpinan Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Muhamadiyah Surakarta, Drs H Trijono, dalam laporannya menyampaikan, empat Kasek yang dilantik terdiri atas Dra Hj Elly Elliyun dilantik menjadi Kepala SMK Muhammadiyah 5. H Suprihanto, SPd, dilantik menjadi Kepala SD Muhammadiyah 2 Kauman, sebelumnya sebagai guru SD Muhammadiyah 16 Karangasem, Laweyan.

blank
Para Kasek baru dan Kasek lama, foto bersama dengan Kepala Disdik Kota Surakarta dan Pimpinan Majelis Dikdasmen Muhamadiyah Surakarta.


Berikut Tofiq Ckoliq S.Farm, Apt, dilantik menjadi Kepala SMK Muhammadiyah 4. Anik Handayaningsih, SAg,SPd,MPsi, dilantik menjadi Kepala Sekolah Kreatif  SD Muhammadiyah 18 Surakarta. Usai acara pelantikan, kemudian dirangkai dengan serah terima jabatan, dari Kasek lama ke Kasek yang baru dilantik.

Penanganan Corona
Kepala Disdik Kota Surakarta, Hj Etty Retnowati SH, MH, berpesan bahwa pendidikan tidak hanya tanggung jawab pemerintah, tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama. Muhammadiyah Surakarta, tambayhnya, memiliki andil yang cukup besar dalam meningkatkan kualitas SDM, dan jumlahnya paling banyak dimana peserta didiknya 12.000 lebih.

Pemerintah, tambah Etty Retnowati, memberikan dana BOS (Bantuan Oerasional Sekolah), itu mohon digunakan sesuai juklak dan ketentuan yang telah ditetapkan. ”Sekarang, itu langsung ditransfer ke rekening sekolah masing-masing,” ujarnya. Pemerintah, juga membantu guru PNS yang ditugaskan di sekolah-sekolah Muhammadiyah.

blank
Empat orang Kasek baru yang dilantik. Mereka dilantik serentak di Gedung Dakwah Muhmadiyah Surakarta.


Kepala sekolah diingatkan, agar memperhatikan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 2 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Penanganan Corona Virus Desease (Covid-19).

Jujur Disiplin
Setelah melakukan pelantikan, HM Joko Riyanto menyampaikan tausiah dan pengarahan kepada Kasek hendaknya memiliki sifat jujur, disiplin, amanah, kreatif dan melaksanakan tugas sesuai peraturan yang ada. Juga harus loyal terhadap persyarikatan, melaksanakan instruksi dari Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah. Pada bagian lain, Kasek diharapkan dapat meningkatkan kualitas lulusannya, dan mewujudkan sekolah yang berkemajuan.

Majelis Dikdasmen Surakarta, sebelumnya telah membentuk Tim Seleksi Kepala Sekolah, terdiri atas Drs H Tridjono, Dr Anwar Hamdani MM, MHum, Drs H Yatimun, Drs H Supraptono M.Pd, dan Dr. Suharno MPd. Tim seleksi bertugas menyelenggarakan seleksi calon Kasek dan mengusulkan kepada majelis.

blank
Usai pelantikan, dirangkai dengan acara serah terima jabatan (sertijab) Kasek. Kasek Kreatif SD Muhamadiyah 18 Surakarta (kanan), menerima berita acara sertijab dari Kasek lama.

Minggu (15/3), Ketua Tim Seleksi Kepala Sekolah Muhammadiyah Surakarta, Anwar Hamdani, saat diminta konfirmasi dan tanggapannya tentang nama-nama yang dilantik, mengatakan, nama tersebut termasuk diusulkan oleh Pansel. ”Mereka memiliki kemampuan manajerial dan teknis serta sosiokultural yang cukup baik,” jelasnya.

Bambang Pur