blank

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Setelah sukses menggondol juara 1 dan 2 pada Pesta Siaga Kwarant Kecamatan Wonosobo, Barung Pramuka Putra SDN 1 Wonosobo kembali berjaya nangkring sebagai juara 1 dan 3 dalam Pesta Siaga Kwarcab Kabupaten Wonosobo yang digelar di Pendopo Bupati setempat, Sabtu (14/3).

Adapun daftar lengkap juara 1-3 Barung Pramuka Putra : SDN 1 Wonosobo, SDN Karangluhur Kertek dan SDN 1 Wonosobo. Harapan 1-3 SDN Sinduagung Selomerto, MI Maarif Tieng Kejajar dan SDN 1 Garung.

Sedang juara 1-3 Barung Pramuka Putri : SDN 1 Selomerto, MI Hidayatus Sibyan Wadaslintang dan SDN 3 Karangrejo Selomerto. Harapan 1-3 SDN 2 Wonosobo, SDN 1 Garung dan SDN 5 Wonosobo.

Kepala SDN 1 Wonosobo Hj Turdiyati SPd MPd, Minggu (15/3), mengaku bangga dan bersyukur Barung Pramuka Putra SDN 1 yang dipimpinnya kembali bisa merebut juara 1 dan 3. Kedua Barung yang telah meraih juara akan bertarung di event yang sama di Karsidenan Kedu.

“Barung Pramuka Putri SDN 1 yang belum berhasil mendapat juara tidak boleh putus asa dan berkecil hati. Mereka merupakan anak-anak yang hebat karena sudah berusaha sekuat tenaga dan pikiran, cuma belum beruntung saja meraih prestasi,” tandasnya.

Doa Restu

blank
Sekda Wonosobo Drs One Andang Wardoyo MSi saat menyerahkan piala peraih juara Pesta Siaga Pramuka Kwarcab Kabupaten Wonosobo. Foto : SB/Muharno Zarka

Menurut Hj Turdiyati, sebelum berkompetisi pada Pesta Siaga Pramuka Kwarcab Kabupaten Wonosobo, anak-anak sudah berusaha maksimal dengan bekal
latihan dan pembinaan siaga secara intensif oleh Guru Pembina Pramuka.

“Pihak sekolah juga telah bekerja sama dengan orang tua murid dalam menjaga kesehatan dan mental anak-anak, sehingga pada saat lomba dalam keadaan fit secara fisik maupun psikologis,” katanya.

Pada saat akan menghadapi lomba, imbuhnya, setiap anggota Barung Pramuka sudah punya modal kepercayaan diri yang tinggi. Siap bekerjasama dan selalu kompak dalam menjalankan tugas yang akan diemban.

“Dan, yang tak kalah penting adalah doa dari orang tua murid dan keluarga besar SDN 1 Wonosobo. Doa menjadi dorongan spiritual dan pelecut semangat anak-anak ketika mengikuti lomba sehingga selalu siap lahir dan batin,” cetusnya.

Pada Pesta Siaga Pramuka tingkat Karsidenan Kedu, pihaknya kembali mengharapkan anak-anak bisa berusaha secara maksimal untuk kembali merebut juara. Karena jika dapat berprestasi di Kedu, berhak maju di event yang sama di tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Muharno Zarka-Wahyu