blank
PEMBUKAAN SJPWI: Wakil Dekan II FH Unissula, Dr Arpangi SH MH (nomer 2 kiri) dan Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS, saat membuka pelatihan SJPWI di Fakultas Hukum Unissula Semarang, Jumat (13/3/2020). Foto: Panitia PWI Jateng

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, bekerja sama dengan PWI Provinsi Jateng, membekali mahasiswa semester akhir dengan materi jurnalistik secara komprehensif, baik teori maupun praktik. Sekolah Jurnalistik PWI (SJPWI) Jateng, diikuti sebanyak 115 mahasiswa FH Unissula Semarang.

Wakil Dekan II Fakultas Hukum, Dr Arpangi SH MH menyampaikan, pentingnya sarjana hukum memiliki kemampuan menulis, karena keterampilan ini menjadi bagian tak terpisahkan ketika memasuki dunia kerja.

BACA JUGA : Indonesia Loloskan Empat Wakil ke Perempat Final All England

Menurutnya, dengan pelatihan jurnalistik, maka mahasiswa hukum dilatih membuat perancangan hukum (legal drafting). Misalnya membuat berita opini untuk menanggapi permasalahan hukum. Sehingga sesuai dengan norma dan aturan hukum yang ada, tidak asal bicara dan menulis.

Arpangi menuturkan, perkuliahan SJPWI Jateng ini sangat penting, terutama dalam menghadapi dunia kerja yang akan datang, serta menambah kompetensi.

”Nantinya akan dapat sertifikat sebagai pendamping ijazah, karena memiliki ketrampilan khusus dalam kompetensi di bidang jurnalistik,” ujarnya, dalam pembukaan Sekolah Jurnalistik PWI Jateng, di Fakultas Hukum (FH) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Jumat (13/3/2020).

Sementara itu, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi (PWI) Jateng Amir Machmud NS menyatakan, kemampuan menulis yang dimiliki mahasiswa, akan memberi nilai tambah.

Dikatakan dia, kegiatan SJPWI Jateng dapat meng-upgrade kemampuan atau skill mahasiswa, dan akan membuka kesempatan lebih besar kepada mahasiswa, dalam meningkatkan kompetensi jurnalistiknya. ”Diharapkan nantinya mahasiswa Fakuktas Hukum Unissula menyenangi dunia tulis menulis,” katanya.

blank
PAPARAN: Ketua Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi (PWI) Jateng Amir Machmud NS (kedua dari kanan), saat memberikan pemaparan pada peserta sekolah jurnalistik FH Unissula. Foto: Panitia PWI Jateng

Teori dan Praktik
Pemimpin Umum Suarabaru.id itu juga menyatakan, peserta kuliah SJPWI Jateng ini, akan diberi pemahaman materi tentang konvergensi media, UU Penyiaran, UU Pers dan UU ITE serta materi lainnya. ”Jangan sungkan-sungkan tanyakan perkembangan media saat ini, terutama media siber/online dan segala platform di dunia media sosial,” ujarnya.

Dalam kegiatan perkuliahan SJPWI Jateng, mahasiswa juga dibekali materi teori dan praktik penulisan artikel, serta penulisan pendapat hukum yang diberikan oleh dosen dan praktisi hukum berpengalaman.

Materi kuliah SJPWI yakni Konvergensi Media, UU Penyiaran, UU ITE, Hukum Media, Artikel Ilmiah, Legal Opinion dan sejumlah materi lainnya.

Dosen atau pemateri dalam perkuliahan SJPWI Jateng di antaranya, Kepala Biro Antara Jateng Zaenal Muttaqien, Komisioner KPID Jateng Isdiyanto, Ketua Dewan Kerhormatan PWI Jateng Sri Mulyadi, Pemred Suarabaru.id Widiyartono, Ketua KIP Jateng Sosiawan dan sejumlah praktisi hukum, di antaranya Advokat Dr Jawade SH MH, Dr Ira Alia Maerani SH MH dan praktisi Hukum FH Unissula lainnya.

Riyan-Muha