Negatif Corona, AM Positif Mengidap Pneumonia

1676
0
blank
RUJUKAN - RSUD Kardinah tetap menerima pasien rujukan suspect Covid-19.

TEGAL (SUARABARU.ID) – Warga Pemalang yang dinyatakan negatif tertular Virus Corona atau Covid 19, AM (40), masih dalam pengawasan tim dokter rumah sakit umum daerah (RSUD) Kardinah Kota Tegal. Sebab berdasarkan hasil pemeriksaan uji lab swab tenggorok dan hidung pasien rujukan tersebut, dinyatakan positif mengidap Pneumonia atau infeksi pada paru-paru.

Menurut Ketua Tim Ad Hoc Penanganan Covid-19 RSUD Kardinah dr Rachman Edi Santoso SpPD, kendati pihaknya belum menerima hasil uji lab secara resmi tertulis, namun sudah memperoleh informasi terkait hasil uji swab tenggorok yang dilakukan Laboratorium Kementerian Kesehatan pada Sabtu (7/3) lalu.

“Dari hasil pemeriksaan secara menyeluruh kondisi pasien juga sudah mulai pulih dan membaik. Dengan hasil uji swab negatif Covid 19, maka pasien sudah dipindahkan dari ruang isolasi ke ruang perawatan intensif umum,” ujar dia kepada wartawan, Jumat (13/3).

Meskipun ruang perawatan sudah dipindahkan, namun Edi menegaskan bahwa pasien tetap mendapatkan perawatan medis secara intensif dan tidak bercampur dengan pasien lain. AM menempati salah satu ruang di paviliun Edelweis bawah Nomor 104 secara khusus. “Sebab upaya penanganan tersebut dilakukan agar tidak menganggu proses pemeriksaan medis dari pasien lain,” katanya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur RSUD Kardinah dr Hery Susanto Sp A menyatakan, sambil menunggu hasil uji laboratorium secara tertulis, penanganan terhadap AM dilakukan secara tuntas sesuai dengan diagnosa penyakit yang diderita oleh tim medis profesional. Termasuk, pendampingan secara psikologis untuk memulihkan dan memberikan motivasi kepada pasien agar bisa menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Kami (RSUD Kardinah, red) akan tetap menerima pasien rujukan suspect Covid 19 sampai ada informasi lebih lanjut dari pemerintah pusat dan provinsi,” tandasnya.

Akbar Budi