blank
Sejumlah personil Pengawas Pilkada Tingkat Desa (PPKD) mendapat ucapan selamat setelah dilantik. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Sedikitnya 265 Pengawas Pilkada tingkat Desa dan Kelurahan (PPKD) di Kabupaten Wonosobo, Jumat (13/3) telah dilantik. Para pengawas pilkada garda depan ini langsung bekerja mencegah dan mengawasi Pilkada Wonosobo 2020.

Anggota Bawaslu Provinsi Jawa Tengah Koordinator Divisi Organisasi Gugus Risdaryanto saat melakukan monitoring di Wonosobo menyampaikan, dalam dua hari ini ( 13-14/3) secara serentak di 21 Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah yang menggelar Pilkada melantik Pengawas Desa dan Kelurahan.

“Kami berharap pengawas desa dan kelurahan terlantik langsung bekerja di lapangan. Karena sudah banyak sekali obyek pengawasan yang bisa dilakukan,” katanya.

Gugus berharap, setelah melalui proses seleksi di tiap kecamatan, PPKD yang terpilih mampu menjaga Integitas dan profesionalitas. Untuk memastikan Pilkada di wilayahnya berjalan Luber dan Jurdil.

“Personil PPKD ini merupakan ujung tombak dari pengawasan karena langsung berhadapan dengan masyarakat. Maka harus menjaga integritas dan profesionalitasnya. Jika proses pengawasan pelaksanaan berjalan Pilkada baik, maka kualitas demokrasi lokal berkualitas,” tegas dia.

Sumali Ibnu Chamid Ketua Bawaslu Wonosobo menambahkan, untuk 265 PPKD di Wonosobo usai dilantik langsung kerja. Selain mengawasi tahapan, juga melakukan pencegahan potensi pelanggaran Pilkada.

Pencegahan Pelanggaran

blank
Sumali Ibnu Chamid , Ketua Bawaslu Wonosobo. Foto : SB/doc

“Bawaslu Wonosobo minta PPKD langsung kerja, lakukan pemetaan pengawasan dan pencegahan pelanggaran pelaksanaan Pilkada,” katanya.

Pencegahan yang dilakukan, katanya, PPKD ditargetkan dalam bulan ini temui di forum-forum warga, ajak terlibat awasi Pilkada, tolak politik uang, berantas berita hoax dan melawan eksploitasi SARA dalam Pilkada.

Sasaran minimal bulan ini, tiap PPKD jangkau 20 orang. Sehingga total sebulan ini bisa jangkau minimal 5300 orang. Sasaran kegiatan tokoh masyarakat, pedagang, petani, perempuan dan generasi milenial.

“Sasaran tercatat namanya dan alamatnya. Kemudian terdokumentasikan audio visual dipublikasikan lewat berbagai platform media sosial untuk menggerakan publik terlibat awasi Pilkada,” tegasnya.

Koordinator Divisi SDM Bawaslu Wonosobo, Nasir Salasa menambahkan, 265 PPKD secara serentak hari ini dilantik di 15 Kecamatan di Wonosobo. Setelah pelantikan langsung diberikan pembekalan materi Nilai Dasar Pengawas Pemilu, tahapan Pengawasan Pilkada hingga mekanisme penanganan pelanggaran Pilkada.

“Kami berharap lewat pembekalan awal ini akan mampu mendorong kinerja PPKD yang berkualitas, mendorong Pilkada bermartabat,” pungkasnya.

Muharno Zarka-Wahyu