blank
Sitii Rohmah, Anggota DPRD Kudus cantik ini terlihat semangat ikut kerja bakti bedah rumah dalam rangka TMMD Kodim 0722 Kudus.foto:Suarabaru.id,

KUDUS (SUARABARU.ID) –  Kegiatan bedah rumah yang digelar dalam acara TMMD Kodim 0722/Kudus di Desa Kedungsari, Kecamatan Gebog, Kamis (12/3) , berlangsung istimewa.  Tak hanya diikuti oleh prajurit TNI, namun 30 orang lebih anggota DPRD Kudus juga ikut bersama-sama bergotong royong.

Dipimpin Ketua DPRD Kudus, Masan, para wakil rakyat tak canggung ikut membantu pembongkaran rumah milik Sulkan, salah seorang warga tidak mampu di desa tersebut.

Tak hanya anggota dewan laki-laki, tiga anggota DPRD perempuan yang ada juga ikut membantu mengangkati genting-genting rumah yang diperbaiki. Salah satunya adalah Siti Rohmah, anggota dewan cantik ini bahkan ikut memanjat tangga guna menurunkan genting rumah.

Dengan balutan t-shirt biru dan berkacamata, Rohmah terlihat bersemangat saat ikut kerja bakti.  Padahal, pekerjaan ini sebenarnya tidak pernah dia lakukan setiap harinya. “Ya ikut membantu dan menyengkuyung kerja bakti ini. Karena bagaimanapun kami adalah wakil rakyat dan dituntut untuk ikut terjun langsung ke masyarakat,”katanya.

Senada, Ketua DPRD Kudus Masan menyatakan, kerja bakti seperti yang dilakukannya bersama Kodim 0722 Kudus ini adalah hal yang biasa. Sebab, kata Masan, dulunya para anggota DPRD Kudus juga merupakan warga biasa.

“Perasaan saya biasa saja, sebab dulu juga sering begini. Gotong royong dengan warga di kampung memperbaiki rumah,”tandasnya.

blank
Ketua DPRD Kudus bersama Dandim 0722 Kudus terlihat bahu membahu kerja bakti bedah rumah. foto:Suarabaru.id

Namun demikian, kata Masan, dengan menerjunkan seluruh anggota dewan untuk ikut kerja bakti, dirinya memang ingin mendekatkan lagi para wakil rakyat dengan masyarakat. Tak hanya itu, kegiatan ini bisa juga menjadi sarana bagi para legislator untuk bisa melihat secara langsung kondisi wilayah.

“Dengan turun langsung ke wilayah, tentu kami bisa melihat mana jalan yang rusak yang bisa diajukan dalam penganggaran,”tandasnya.

Apresiasi

Sementara, Dandim 0722/Kudus, Letkol Arm Irwansyah mengatakan jika program bedah rumah merupakan progam tambahan dari TMMD ke-107 yang akan digelar pekan depan. Memang pelaksanaannya mulai dilakukan di Pra TMMD karena membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Kami mengapresiasi kehadiran Ketua DPRD dan hampir seluruh anggotanya untuk ikut kerja bakti ini,” ucapnya.

Dandim mengatakan jika pengerjaan tersebut akan rampung April nanti. Selain rumah milik Sulkan, ada dua rumah lagi yang akan mendapatkan program bedah rumah.

Namun, karena rumah milik Sulkan terbilang parah, maka didahulukan dari dua rumah lain. “Kami dahulukan yang paling parah dulu kondisinya,” kata Dandim.

Sementara untuk progres TMMD, Dandim mengatakan jika sejumlah persiapan atau yang disebut dengan pra-TMMD pun mulai dilakukan sejak pekan lalu. Di antaranya mempersiapkan alat bantu pelaksanaan hingga pengurukan tanah pada jalan yang akan dilakukan betonisasi, dengan panjang 900 meter.

Sementara sasaran nonfisik pada TMMD Regular ke 107 antara lain sosialisasi pemberdayaan masyarakat, sosialisasi infrastruktur dan pengelolahan sampah.

Selain itu, sosialisasi usaha kecil dan menengah, sosialisasi kamtibmas, hingga penyuluhan pranikah juga dilakukan. Ada juga pengobatan gratis, bazar dan pasar murah, pembuatan jamban dan imunisasi.

”Satgas TMMD sudah kami bekali keterampilan untuk membuat sabun. Jadi nantinya mereka akan mengajari masyarakat melalui ibu-ibu PKK untuk bisa membaut sabun sendiri. Sehingga dapat menghemat pengeluaran rumah tangga,” terangnya.

Tm-Ab