blank
Bupati Wonogiri Joko Sutopo (berdiri depan) menyampaikan sambutan dalam acara launching aplikasi onlie Sibaper.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dengan Informasi Teknologi (IT), perlu dilakukan inovasi dan langkah terobosan untuk memberikan pelayanan kepada publik. Bertempat di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Senin (9/3), Pengadilan Negeri (PN) Wonogiri, meluncurkan pelayanan online aplikasi Sibaper (Sistem Informasi  Bagian Perdata).

”Terobosan inovasi ini, merupakan aplikasi yang memuat informasi perkara perdata berbasis android, yang dapat diunduh di google play store secara gratis, dengan menggunakan keyword Sibaper,” terang Ketua PN Wonogiri, Mohammad Istiadi, SH.
.
Ditambahkan, apilkasi ini mempermudah masyarakat mencari keadilan di bidang perdata. Dengan aplikasi pelayanan berbasis android ini, bisa mempersingkat waktu, biaya dan tenaga. Keberadaan pelayanan Sibaper ini, kiranya sangat membantu masyarakat Wonogiri yang domisilinya jauh-jauh.

Aplikasi Online
Sebab, mereka sebelum mendatangi PN Wonogiri, bisa melihat informasi dan syarat-syarat yang diperlukan melalui aplikasi.online Sibaper. ”Jadi ketika datang ke PN Wonogiri, syaratnya sudah terpenuhi semua, sehingga bisa langsung diproses,” jelas Mohamad Istiadi.

Hadir dalam acara launching ini, Dandim 0728 Wonogiri yang diwakili Pasilog Kapten (Cba) Oyon Subianto, Wakapolres Kompol Adi Nugroho beserta jajaran Forkompinda, para pejabat teras Pemkab Wonogiri, pimpinan dinas dan instansi, para camat dan Kepala Desa (Kades).

blank
Jajaran Forkompinda Wonogiri, hadir dalam acara peluncuran aplikasi online Sibaper, yang digelar di Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri.


Bupati Wonogiri, Joko Sutopo, dalam sambutannya menyambut baik diluncurkannnya aplikasi baru tersebut. Dengan aplikasi ini, tandas Bupati, makin menunjukkan komitmen PN Wonogiri dalam memberikan pelayanan berbasis transparansi, efiesiensi, tepat sasaran, dan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan, khsuusnya pihak-pihak yang berperkara perdata.

Kemudahan Pelayanan
Kata Bupati, dengan aplikasi ini masyarakat dapat memperoleh kemudahan pelayanan, karena tidak perlu wira-wiri ke PN Wonogiri dan hanya perlu sinyal internet yang baik. Saat bicara sistem IT, ungkap Bupati, masih ada kendala yang dihadapi. Yakni belum semua masyarakat paham IT, dan banyak masyarakat yang belum punya ponsel android. Juga kendala masalah sinyal, mengingat geografis Wonogiri yang bergunung-gunung.

Terkait ini, Bupati minta para Kepala Desa (Kades) memfungsikan ruang-ruang publik untuk mensosialisasikan progam Sibaper ini ke masyarakat. Saat sistem sudah disiapkan, dan masyarakat belum melek terhadap teknologi, maka Kades jadi tangan panjang dalam rangka memberikan pelayanan terbaik pada masyarakat.

Dengan pelayanan online Sibaper ini, masyarakat sangat diuntungkan. Karena sistem ini memenuhi unsur efisiensi, kecepatan, dan transparansi. Juga ada keuntungan lain yang dapat dipetik dari pemanfaatan aplikasi ini, diantaranya mencegah pungli dan korupsi.

Aplikasi Sibaper memuat 12 fitur tentang seluruh informasi di bagian kepaniteraan perdata yang terintegrasi dalam satu sistem. Keduabelas fitur tersebut mneliputi pendaftaran perkara, jadwal sidang, SIPP, Website PN Wonogiri, e-court, regulasi, persyaratan, contoh surat, biaya perkara, direktori putusan, pekayanan hokum, dan delegasi.(Esti, Bagian Prokompim Pemkab Wonogiri)

Editor: Bambang Pur