Kampung Jalawastu Dinobatkan sebagai Warisan Budaya

1425
0
blank
MERIAH - Ribuan warga Kampung Jalawastu, Desa Ciseureuh, Kecamatan Ketanggungan Brebes, dan warga dari desa tetangga, menhadiri upacara Adat Ngasa.

BREBES (SUARABARU.ID) – Kampung Jalawastu, Desa Ciseureuh, Kecamatan Ketanggungan Brebes dinobatkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Kategori Ritus Adat. Sertifikat dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nasional RI diberikan karena Kampung Jalawastu memiliki keunikan dan bagian dari obyek pemajuan kebudayaan.

“Jalawastu ditetapkan sebagai WBTB sejak Oktober 2019. Sekalian menunggu moment bersejarah, sertifikat baru diberikan pada upacara Adat Ngasa,” kata Kata Kabid Pembinaan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Agung Tristianto, di sela upacara Adat Ngasa Kampung Jalawastu, Brebes, Selasa (10/3).

Sertifikat diberikan oleh Agung Tristianto kepada Bupati Brebes Hj Idza Priyanti SE MH yang selanjutnya diserahkan kepada Pemangku Adat Kampung Jalawastu Darsono.

Agung menambahkan, dengan diberikannya pengakuan secara nasional oleh pemerintah pusat, menjadi daya dorong tersendiri bagi Kampung Jalawastu dalam pengembangan Kampung Budaya ini untuk mempertahankan adat istiadat dan pengembangan lainnya.

Bupati Brebes Hj Idza Priyanti mengaku turut bangga dengan pengakuan Kampung Jalawastu oleh masyarakat Indonesia maupun dunia yang dibuktikan dengan pemberian sertifikat. Pemerintah Daerah, kata Idza, senantiasa memperhatikan kampung Jalawastu dengan penambahan infrastruktur dan lainnya.

Untuk itu, lanjut Idza, tradisi Adat Ngasa Kampung Jalawastu yang sudah dikenal masyarakat dunia untuk dipertahankan. Segala kearifan lokal yang ada harus terus dipertahankan, sehingga tradisi yang adi luhung, yang sangat baik ini bisa terus bertahan dan lestari.

Anggota DPR RI Paramitha Widya Kusuma yang merupakan putri daerah Ketanggunan Brebes, berjanji akan ikut mengawal pelestarian Adat Ngasa yang ada di Kampung Jalawastu Desa Ciseureuh Kecamatan Ketanggungan. Mba Mita, demikian panggilan akrabnya, juga akan bersinergi dengan Bupati Brebes untuk memenuhi pembangunan Infrastruktur seperti akses jalan, sekolah serta kebutuhan lain yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Pemangku Adat Darsono menjelaskan, masyarakat Kampung Jalawastu secara rutin melaksanakan upacara Adat Ngasa setiap Selasa Kliwon pada Mangsa Kesanga (kesembilan dalam kalender Jawa) tiap tahunnya. Ribuan orang hadir dalam upacara adat Ngasa tersebut, termasuk pada 2020 ini.

Didik Yuliyanto