blank
Petugas SAR Kabupaten Wonogiri Unit Baturetno, bersama Polsek dan Puskesmas, melakukan tugas mengevakuasi korban, yang ditemukan meninggal di pematang sawah.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Sukiman (60), warga Dusun Pagersari RT 2/RW 6, Desa Belikurip, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri, Minggu malam (8/3), ditemukan tewas tergeletak di pematang sawah. Dari rumah, dia pamit akan memetik buah kelapa. Tapi sampai petang hari tidak kunjung pulang, karena itu keluarga kemudian melakukan pencarian.

Minggu malam (8/3) pukul 21.00 Sukiman ditemukan tewas tergeletak di pematang sawah. Untuk mengevakuasi korban, dilakukan oleh tim relawan Searc And Resque (SAR) Wonogiri Unit Baturetno, bersama personel Polsek Baturetno, petugas medis Puskesmas, pamong desa dan warga masyarakat.

Senior Personal SAR Wonogiri, Wisnu, Senin (9/3), menyatakan, saat ditemukan tergeletak di galengan (pematang) sawah, korban mengenakan busana kaos warna merah, celana hitam, topi biru, dan di dekatnya ada 3 butir buah kelapa. Dari pihak keluarga disebutkan, selepas salat Ashar, korban pamit akan bertugas memetik buah kelapa milik Marso.

Pihak keluarga menjadi curiga dan berusaha mencarinya, karena sampai petang tidak kunjung pulang. Akhirnya pada malam hari, berhasil menemukan Sukiman, sudah dalam kondisi tergeletak di pematang sawah. Saat ditemukan, sudah dalam keadaan meninggal.

Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing dan Kapolsek Baturetno AKP Suwono, melalui Kasubag Humas Polres Iptu Suwondo dan Paur Subag Humas Aipda Iwan Sumarsono, Senin (9/3), membenarkan adanya temuan orang meninggal di pematang sawah tersebut. Korban ditemukan Minggu malam (8/3) pukul 21.00.

blank
Petugas medis dari Puskesmas Baturetno, Wonogiri, melakukan pemeriksaan terhadap mayat Sukiman. Ini dilakukan bersama petugas Polsek Baturetno.

Korban adalah pria kelahiran Wonogiri Tanggal 5 Desember 1960. Bersama tim medis dari Puskemas dan Polsek Baturetno dilakukan pemeriksaan, dan hasilnya tidak menemukan tanda-tanda mencurigakan yang mengarah pada tindak penganiayaan. Pemicu kematian korban, masih dalam penyelidikan petugas. Ada dugaan, saat itu dia sakit masuk angin duduk atau terkena serangan jatung.

Pihak keluarga menolak outopsi, karena itu setelah selesai diperiksa petugas, mayat korban kemudian diserahkan ke pihak keluarganya, dengan disaksikan pamong desa setempat. Berkaitan ini, polisi telah meminta keterangan dari Saksi Tiyono (40), Siswanto (45) dan Suwardi (62), semuanya warga Dusun Pagersari, Desa Belikurip, Kecamatan Baturetno, Kabupaten Wonogiri.

Bambang Pur