blank
Camat Kalikajar Bambang Trie menyerahkan bantuan sembako kepada korban musibah bencana alam tanah longsor di wilayahnya. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.IDHujan deras yang mengguyur 15 wilayah kecamatan selama sehari semalam, sejak Rabu (4/3) hingga Kamis (5/3), menyebabkan 9 wilayah kecamatan dilanda bencana alam tanah longsor di beberapa titik yang menutup akses jalan umum dan menimpa rumah warga.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonosobo Zulfa Aksan Alim Kurniawan STTP MSi, Kamis (5/3) malam, melaporkan hujan dengan intensitas tinggi yang disertai kilat/petir dan angin kencang di- wilayah Wonosobo menyebabkan musibah tanah longsor di beberapa tempat.

“Dampak hujan deras yang terjadi terus- menerus menyebabkan bencana alam tanah longsor yang menimpa sejumlah rumah warga, menutup akses jalan dan menyebabkan pohon tumbang melintang di jalan raya,” bebernya.

Berdasarkan monitoring kejadian melalui sarana komunikasi dan pelaporan, imbuhnya, dari 15 kecamatan di Wonosobo, 9 kecamatan terdampak langsung tanah longsor dan pohon tumbang.

Ke-9 Kecamatan yang terkena tanah longsor dan pohon tumbang, yakni Kejajar, Kalikajar, Sapuran, Watumalang, Wadaslintang, Leksono, Sukoharjo, Selomerto dan Wonosobo.

“Di Kalikajar tanah longsor Dusun Klowoh Desa Kwadungan
menimpa 1 rumah dan 2 ekor kambing milik Hardi. Di Dusun Purwojowo Desa Purwojiwo pohon bambu tumbang menutup akses jalan desa,” terangnya.

Selalu Waspada

blank
Sejumlah warga Wonosobo menunjukan rumah yang rusak akibat diterjang musibah bencana alam tanah longsor. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

Sedang di Kecamatan Watumalang, imbuhnya, tanah longsor dan batu besar menutup jalan Desa Kalidesel dan Desa Gumawang Kidul.

“Di Kecamatan Kejajar tanah longsor menutup akses jalan antar Desa- Dusun Campursari, Serang, Lobang dan menutup sebagian jalan raya Wonosobo-Dieng di Desa Parikesit,” terangnya.

Sementara itu, di Kecamatan Wadaslintang di Dusun Lemiring Desa Ngalian tanah longsor menimpa 1 rumah milik Maino (50) dan di Dusun Gawaran Desa Trimulyo tanah longsor menerjang 1 rumah milik Slamet Riyadi (50) hingga rusak berat sehingga penghuni rumah harus mengungsi di tempat yang aman.

“Wilayah Kecamatan Leksono di Kampung Sirebut Kelurahan Leksono tanah longsor juga menutup akses jalan antar Desa dan Dusun setempat. Di Kecamatan Sukoharjo menimpa
Desa Kalibening Tanah longsor menutup akses jalan antar Desa/Dusun dan di Dusun Diwek Desa Sukoharjo
pohon tumbang menutup akses jalan – Jln Raya Sukoharjo – Sempol,” paparnya.

Tanah longsor juga terjadi di Kecamatan Selomerto yakni di Desa Candi Dusun Bendungan Desa Simbarejo. Di Kecamatan Sapuran tanah retak timpa Kampung Puntuksari Kelurahan Sapuran yang
berdampak pada rumah warga.

Di Kecamatan Wonosobo tanah longsor terjadi di Perum Mutiara Persada Blok F 05/05 Kelurahan Pagerkukuh yang menutup akses jalan serta saluran air dan berdampak kerusakan 2 bangunan Poskamling.

Menurut Zulfa Aksan Alim Kurniawan, dari berbagai bencana tanah longsor di Wonosobo, BPBD setempat bersama instansi terkait telah melakukan cek lokasi yang terdampak dan berkoordinasi dengan berbagai pihak, pengiriman bantuan logistik dan gotong royong pembersihan material dan pembukaan akses jalan serta memasang garis pengaman serta menghimbau warga yang terdampak dan sekitarnya untuk makin meningkatkan kewaspadaan.

Muharno Zarka-Wahyu