blank
Sejumlah kendaraan yang siap mengangkut Anggota DPRD Kudus saat kunker beberapa waktu lalu. foto:dok/Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Meski di banyak daerah mulai waspada dengan wabah Corona, namun sikap tak panik ditunjukkan DPRD Kudus. Di tengah merebaknya wabah tersebut di tanah air, para wakil rakyat kota Kretek pada bulan ini tetap mengagendakan sejumlah kunjungan kerja ke berbagai daerah.

Pun dengan adanya satu pasien yang harus diisolasi di RSUD Kudus lantaran diduga terkena Corona, serta merta membatalkan agenda kerja yang sudah ada.

“Memang untuk bulan ini ada beberapa agenda ke luar daerah, dan itu sudah disepakati dalam rapat Badan Musyawarah,”kata salah satu anggota Banmus DPRD Kudus.

Baca juga: Suspect Corona, Warga Kudus Diisolasi di RSUD usai dari Korea

Berdasarkan hasil rapat tersebut, setidaknya ada tujuh kali agenda kegiatan DPRD Kudus di luar daerah. Agenda tersebut diantaranya workshop, kunjungan kerja Komisi-komisi dalam provinsi maupun luar provinsi, serta kunjungan kerja alat kelengkapan baik dalam maupun luar provinsi.

Hanya saja, untuk kepastian lokasi kunjungan memang belum ditetapkan. Biasanya tujuan kunjungan tersebut akan ditentukan mendekati pelaksanaan agenda.

“Untuk tujuan kunjungan menyesuaikan kebutuhan,”tambahnya.

Sementara, aktifis sosial Kholid Mawardi mengapresiasi sikap DPRD Kudus tersebut. Menurutnya, banyaknya agenda kunker tersebut memperlihatkan DPRD Kudus tak panik dalam menghadapi isu wabah Corona.

“Ini yang patut dicontoh masyarakat. Jangan hanya karena isu Corona masyarakat jadi panik lalu ramai-ramai borong masker,”kata Kholid.

Menurut Kholid, dengan melakukan kunjungan ke luar daerah, para anggota DPRD Kudus juga diminta belajar terkait kesiapan antisipasi penanganan Corona di daerah yang dikunjunginya.

“Mungkin daerah seperti Depok yang sudah dinyatakan ada yang positif terkena Corona, perlu dikunjungi. Di sana bisa belajar bagaimana peran RS dan Dinas Kesehatan dalam melakukan penanganan,”katanya.

Namun demikian, kata Kholid, dirinya berharap para anggota DPRD Kudus untuk  tetap hati-hati saat di perjalanan. “Kesehatan harus tetap dijaga agar badan tetap fit,”tandasnya.

Tm/Ab

DAFTAR RENCANA KEGIATAN DPRD KUDUS DI LUAR DAERAH
TANGGAL KEGIATAN
1-2 Maret 2020 Workshop DPRD
6-7 Maret 2020 Kunjungan DPRD di dalam Provinsi
9-11 Maret 2020 Kunjungan Banmus di dalam Provinsi
12-14 Maret 2020 Kunjungan kerja/konsultasi Pansus di luar Provinsi
16-19 Maret 2020 Kunjungan kerja Komisi di Luar Provinsi
26-27 Maret 2020 Workshop DPRD
30-31 Maret 2020 Kunjungan Badan Kehormatan di Luar Provinsi

Sumber: DPRD Kudus