blank
Peraih gelar juara pertama nomor Panca Lomba KOSN Tahun 2020 Anggraeni Eka Nur Jannah (pegang piala), didampingi Pelda Ocsan J Paraisu dan Wakasek Maryono (kesatu dan kedua dari kiri) serta Guru Olahraga Era Teguh (kanan).

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Anggraeni Eka Nur Jannah, siswi SMK Negeri 1 Jatiroto Kabupaten Wonogiri, lolos ke tingkat Provinsi Jawa Tengah (Jateng).

Tiket untuk melaju ke tingkat regional ini, Selasa (3/3), diperoleh setelah meraih gelar juara pertama dari nomor panca lomba cabang atletik di event Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) tingkat Cabang Dinas (Cabdin) VI yang digelar di Kabupaten Sragen.

KOSN adalah istilah baru untuk event kejuaraan olahraga siswa, yang dulu dikenal sebagai O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional), dan dibakukan sebagai kejuaraan resmi bagi pelajar di Tanah Air.

Kasek SMK Negeri 1 Jatiroto, Gunarsi SPd, MPd, melalui Wakasek Bidang Kesiswaan, Drs Maryono, menyatakan, Anggraeni Ela Nur Jannah adalah siswi Kelas XI Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)-2. ”Sebelum bertanding di Cabdin VI, Anggraeni telah menyabet gelar juara pertama tingkat Kabupaten Wonogiri,” jelas Maryono.

Anggraeni, siswi yang menekuni olahraga cabang atletik ini, mendapatkan pembinaan dari guru olahraga di sekolahnya, dan dari pelatih atletik profesional Ocsan J Paraisu.

Ocsan, adalah anggota TNI-AD Koramil Slogohimo Kodim 0728 Wonogiri berpangkat Pelda, yang pernah meraih medali emas dalam kejuaraan internasional kelas master, dan berpengalaman menjalani pendalaman olahraga cabang atletik di Australia.

Saat turun di event Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Tahun 2019 Kabupaten Wonogiri lalu, Anggraeni Eka Nur Jannah, menjadi tulang punggung peraih tujuh medali kejuaraan.

Wakasek Bidang Kesiswaan SMK Negeri 1 Jatiroto, Maryono, menyatakan, keberhasilan tersebut diraih setelah tujuh anak didiknya menjuarai gelar tiga juara pertama, tiga juara dua, dan satu gelar juara tiga.

Untuk gelar juara pertama di event Popda tersebut, dipersembahkan oleh pelajar putri Anggraeni Eka Nur Jannah dari Kelas XI RPL-2 dari nomor lari 100 Meter putri. Kmeudian oleh Rosi Nur Kamidah siswi Kelas XI PBK (Perbankan)-2 dari nomor lari 800 Meter putri, dan Ita Febriani siswi Kelas XI RPL-1 dari nomor lompat jauh putri.

Bambang Pur