blank
Lokasi semburan gas dan air dipasangi police line. Foto: Hana Eswe

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Fenomena alam terjadi di Kabupaten Grobogan, Sabtu (29/2/2020).

Fenomena berupa keluarnya semburan air bercampur lumpur, berbau dan disertai material batu terjadi di tanah milik Ponpes Yatama, Dusun Karangasem, Desa Karanganyar, Kecamatan Purwodadi.

Munculnya semburan tersebut kali pertama diunggah di media sosial oleh seorang warga. Unggahan tersebut kemudian menjadi viral.

Banyak warga langsung berduyun-duyun menuju lokasinya semburan tersebut. Mereka ingin melihat kejadian yang sebenarnya.

blank
Lokasi semburan gas dan air. Foto: Hana Eswe

Menurut Kepala Pelaksana Harian BPBD Grobogan, Endang Sulistyaningsih, pihaknya menerima laporan dari masyarakat atas kejadian tersebut sekitar pukul 10.05 WIB.

Usai mendapat laporan, pihaknya bersama tim langsung meninjau ke lokasi. Sesampainya di sana, tim BPBD mendapatkan informasi bahwa pengeboran sumur di tanah tersebut sudah dilakukan sejak Rabu (26/2/2020).

“Pada hari Jumat (28/2/2020), ketinggian semburan mencapai 3-5 meter. Berlanjut pada Sabtu (29/2/2020), ketinggian mencapai 15-20 meter,” ujar Endang, saat dikonfirmasi.

Menurut Endang, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mengatasi semburan tersebut.

“Kita sudah koordinasi langsung dengan pihak terkait, kemudian lokasi semburan sudah dipasangi garis polisi. Tidak ada korban jiwa akibat semburan lumpur ini,” tuturnya.

Hana Eswe-Wahyu