blank
Menpan RB Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan pengelolaan kearsipan kategori A (Memuaskan) kepada Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz di The Sunan Hotel Surakarta, Rabu, 26/2. (Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pemkab Kebumen meraih penghargaan pengawasan kearsipan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) pada 2019. Kabupaten Kebumen dinyatakan meraih Kategori “A” atau “Memuaskan” dengan nilai 89,23.

Penghargaan diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo kepada Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz , pada Rakornas Pengawasan Kearsipan dan Penerimaan Penganugerahan Pengawasan Kearsipan Tahun 2019 di The Sunan Hotel, Surakarta, Rabu (26/2).

Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan sejak 2017, Pemkab Kebumen berhasil meraih peningkatan predikat yang cukup signifikan. Pada 2017 pengelolaan kearsipan Pemkab Kebumen mendapat predikat Buruk dari hasil pengawasan kearsipan yang dilakukan ANRI. Pada 2018 meningkat menjadi predikat Baik, dan pada 2019 berhasil naik kelas dengan meraih predikat Memuaskan.

Sesuai peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 30 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah, pengawasan kearsipan menjadi salah satu indikator penilaian ANRI dalam evaluasi reformasi birokrasi.

Adapun aspek penilaian yang diaudit di bidang kearsipan meliputi kebijakan kearsipan program kearsipan, pengelolaan arsip, kelembagaan, sumber daya manusia (SDM) kearsipan, serta prasarana dan sarana kearsipan.

blank
Bupati Kebumen Yazid Mahfudz memegang piagam penghargaan kearsipan kategori A bersama Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakan Kabupaten Kebumen Anna Ratnawati. (Foto:SB/Ist)

Bupati Kebumen Yazid Mahfudz mengapresiasi seluruh pihak  yang telah bekerja dengan baik dan profesional sehingga Pemkab Kebumen mampu memperoleh nilai yang memuaskan.”Ke depan kita targetkan dapat meraih predikat AA atau sangat memuaskan,”ujar Bupati.

Menurut Bupati, arsip perlu dikelola dengan baik karena dapat menjadi acuan untuk menentukan kebijakan selanjutnya. Bupati juga menyampaikan terima kasih kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kebumen dan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait yang telah bekerja keras dan melakukan tata kelola kearsipan dengan sebaik-baiknya. Mudah-mudahan hal itu menjadi modal yang baik untuk terus berkreasi dan berkarya di bidang kearsipan.

Dalam acara penerimaan penghargaan tersebut Bupati Yazid Mahfudz didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kebumen Anna Ratnawati. Hadir pula sejumlah pejabat negara seperti Menpan RB Tjahjo Kumolo, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Plt Kepala ANRI M Taufik, Kementerian dan Lembaga Negara serta pemerintah kabupaten/kota se Indonesia.

Komper Wardopo