blank
Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono mengguyur air bunga bagi  anggota PMR Wira SMK Kesdam IV/ Diponegoro yang baru saja dikukuhkan . foto: Suarabaru.id/Yon

blankMAGELANG, (SUARABARU.ID)– Sebanyak anggota Palang Merah Remaja (PMR)  Wira SMK Kesdam IV/Diponegoro Kota Magelang dikukuhkan dan dilantik Ketua  PMI Kota Magelang Sumartono.

“Tujuan pengukuhan dan pelantikan anggota PMR Wira SMK Kesdam IV/Diponegoro ini untuk  menanamkan prinsip kemanusiaan juga solidaritas dalam membantu sesama dari para anggota PMR,” kata Ketua PMI Kota Magelang, Sumartono.

Sumartono mengatakan, penanaman prinsip kepalangmerahan di kalangan remaja tersebut dapat dipupuk melalui kegiatan Palang Merah Remaja (PMR) sebagai wadah pembinaan dan pengembangan anggotannya.

Menurutnya, untuk membentuk kader relawan yang tangguh dan memiliki karakter serta jiwa kemanusiaan yang kuat, maka  perlu dilakukan uji kecakapan. Karena, selama mengikuti pelatihan memiliki nilai-nilai yang positif dalam rangka pembentukan nilai-nilai karakter, peduli sosial dan kesukarelaan untuk menolong sesama manusia.

“Uji kecakapan merupakan prasyarat utama penyelenggaraan manajemen PMR, dan bagian dari proses pembinaan dan pengembangan,” kata Sumartono yang juga  menjabat Inspektur pada Kantor Inspektorat Kota Magelang.

Ia menambahkan, wilayah Magelang yang merupakan daerah rawan bencana sangat memerlukan kader dan relawan yang siap siaga dalam menghadapi segala bencana. Untuk mempersiapkan hal itu, maka para relawan perlu dipersiapkan diri sejak awal, salah satunya melalui latihan Palang Merah Remaja.

“Tujuan dari kegiatan pengukuhan  ini selain untuk ajang silaturahmi antar sesama anggota PMR Wira SMK Kesdam IV/ Diponegoro, juga untuk  membangun relawan muda yang memiliki kebijaksanaan yang tinggi,” imbuhnya.

Yon-trs