blank
Untuk mengurangi angka pelanggaran yang dilakukan anggota TNI, Subdenpom IV-2/1 Magelang dan Kodim 0705/Magelang melakukan operasi penegakkan ketertiban Waspada Wira Keris bagi personel TNI.  Foto:  Suarabaru.id/ Yon

blankMAGELANG (SUARABARU.ID) – Ratusan kendaraan, baik kendaraan pribadi milik prajurit, PNS  maupun  kendaraan dinas Kodim 0705/Magelang diperiksa kelengkapannya oleh personel Subdenpom IV-2/1 Magelang.

“Pemeriksaan kendaraan dan surat –surat kelengkapannya ini merupakan rangkaian Operasi Penegakkan Ketertiban Waspada Wira Keris 2018 di wilayah Kodam IV/Diponegoro,” kata Komandan  Subdenpom IV-2/1 Magelang,  Kapten Cpm Bambang Tri Ratmanto di sela-sela penegakan penertiban yang dilaksanakan di halaman Kodim 0705/Magelang.

Bambang Tri Ratmanto mengatakan, operasi Waspada Wira Keris 2020 tersebut dilaksanakan dalam rangkan penegakan ketertiban terhadap anggota TNI baik di satuan-satuan yang ada di wilayah Magelang.

“Pemeriksaan ini merupakan tahap preventif yang dilaksanakan di satuan – satuan,” katanya.

Ia menambahkan,  sebelum dilakukan tindakan preventif, pihaknya telah melakukan sosialisasi kegiatan Operasi Wira Keris 2020 ke seluruh satuan-satuan TNI yang ada di wilayah Magelang. Dan dilanjutkan tahapan penindakan di lapangan, baik melakukan razia di jalan maupun tempat-tempat lainnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0705/ Magelang, Letkol Czi Anto Indriyanto mengatakan, tindakan pemeriksaan surat-surat administrasi kelengkapan anggota maupun surat-surat kendaraan tersebut, merupakan tindakan satuan untuk mencegah adanya penyimpangan dalam berkendaraan.

“Kegiatan ini juga merupakan salah satu cara satuan untuk mendisiplinkan anggota Kodim 0705/Magelang. Bagi anggota Kodim, setiap kendaraan harus dilengkapi dengan administrasi kendaraan, selain itu kelengkapan kendaraan juga harus menenuhi standar keamanan,” tandasnya.

Menurutnya,  apabila  kelengkapan kendaraan maupun kelengkapan surat administrasi personel  sudah terpenuhi, maka pengendara akan tenang dalam menjalankan kendaraannya, sehingga diharapkan bisa mengurangi angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas/

Dalam  hasil pemeriksaan yang dilakukan Subdenpom IV-2/1 Magelang. Terhadap personel Kodim 0705/Magelang tidak ditemukan adanya penyimpangan dan pelanggaran administrasi kendaraan.

Yon-trs