blank
Mahasiwa FEBI IAINU Kebumen melakukan kunjungan perusahaan Kantor Otoritas Jasa Keuangan Jakarta, 18-20 Februari 2020. (Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sebanyak 88 mahasiswa Program Studi S1 Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (FEBI IAINU)  Kebumen, selama tiga hari (18-20/2) melakukan company visit atau kunjungan perusahaan di Jakarta.

Dua lembaga ekonomi yang dikunjungi yaitu Kantor Otoritas Jasa Keuangaan (OJK) serta Kantor PT Bursa Efek Indonesia (BEI).  Bahkan para mahasiswa didampingi Wakil Rektor  (Warek) I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan IAINU Kebumen Fikria Najitama MSi serta Dekan FEBI Mukhsinun SHI MEI juga mengunjungi Kantor PBNU Jakarta serta ke Pondok Pesantren Darul Uchuwah Kedoya, Jakarta Barat.

Selama kunjungan magang ke OJK Jakarta, para mahasiswa FEBI IAINU Kebumen diterima langsung oleh Dikrektorat Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Syariah Moh Amin.  Moh Amin pun menyambut baik kunjungan mahasiswa untuk belajar di OJK. Pihaknya juga siap untuk hadir memberikan materi pengayaan ke kampus IANU Kebumen. Mengingat FEBI IAINU Kebumen dan OJK  telah menjalin kerja sama untuk kegiatan magang mahasiswa. Selama di OJK para mahasiswa memperoleh pengetahuan  tentang Asuransi, Dana Pensiun, Pegadaian, Lembaga Keuangan Khusus, Institut Penjamin Pembiayaan dan Modal Ventura.

blank
WarekI IANU Kebumen Fikria Najitama dan pendamping diterima Direktorat IKNB OJK Jakarta Moh Amin.(Foto:SB/iIst_

Rektor IANU Kebumen DR H Imam Satibi MPdI melalui Warek I Frikia Najitama mengaku puas atas sambutan hangat dari OJK yang menerima mahasiswa ikut magang sekaligus memberikan ruang dan peningkatan literasi bagi para mahasiswa. Apalagi IAINU Kebumen sebagai kampus “Virtual, Cakap Bersahaja” memandang penting kunjungan perusahaan,  utamanya bagi para mahasiswa dan pengelola. Sebab para mahasiwa bisa melihat dan belajar langsung dari para praktisi di bidangnya sehingga mahasiswa memilki wasasan lebih luas di bidang ekonomi dan lembaga keuangan.

Dekan FEBI IAINU Kebumen Mukhsinun menambahkan,kunjungan perusahaan kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab mahasiswa diajak pula berkunjung  ke pesantren ekonomi Darul Uchuwah dan mempelajari industri keuangan bnank di OJK.

Menurut Mukhsinun, kunjungan tersebut juga diikuti para Kaprodi dan dosen di FEBI IAINU Kebumen  serta kepala sekolah di lingkungan SMK Maarif Kebumen yang memiliki program studi akutansi dan perbankan syariah, yaitu Kepala SMK Maarif 4 Gombong, Kepala SMK Maarif 5 Gombong dan Kepala SMK Maarif 9 Klirong.

Selama di PBNU, mahasiswa FEBI IAINU Kebumen diterima Waksekjen PBNU Kiai Suwandi mempelajari program kemandirian NU. Menurut Suwandi, gerakan kemandirian ekonomi sangat penting digalakkan NU karena warga NU sebagai umat mayotiras di NKRI sudah selayaknya mengambil peran di bidang ekonomi agar nahdliyin semakin kokoh sehingga negara juga semakin kuat dan mandiri.

Komper Wardopo