blank
Tim Basarnas Perwakilan Wonosobo tengah melakukan evakuasi korban tercebur sumur dalam keadaan selamat. Foto : SuaraBaru.id/dok/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-‌Mustamit (58) seorang kakek warga Wonoroto RT 28/ 07 Desa Tracap Kecamatan Kaliwiro Kabupaten Wonosobo terjebur sumur berhasil dievakuasi oleh tim SAR gabungan dalam keadaan selamat.

Kepala Basarnas Semarang Nur Yahya menuturkan kronologi kejadian Senin (24/02/20) dini hari, korban sedang menimba air untuk berwudhu di sumur milik tertangga.

blank“Tidak tahu persis awal mula kejadian tahu-tahu ada suara rintihan didalam sumur setelah dilihat ada orang didalam sumur” ungkap Yahya, Senin (24/2).

Dengan informasi tersebut Kepala Basarnas Semarng memperintahkan Koordinator Basarnas pos SAR Wonosobo Hardi Amanurijal memberangkatkan 1 tim rescue untuk melakukan pertopongan di sertai alut mountenering

“Operasi SAR dengan metode Lowering 1 rescuer turun ke dalam sumur disertai alat bantu Self Contain Breating Apparatus (SCBA) untuk mengikat korban ditarik ke atas dengan sistem Lifting” ungkap Hardi

Kondisi kedalaman sumur, imbuhnya, mencapai kurang lebih 10-14 meter, dengan diameter 1 meter. Sumur tersebut biasa digunakan untuk kegiatan mandi dan cuci korban.

“Setelah upaya tim SAR gabungan pukul 06. 30 WIB korban berhasil dievakuasi dalam kondisi selamat lansung ditangani bidan DesaTracap, selanjutnya korban dibawa rumah kediaman dan operasi SAR dinyatakan selesai tim SAR gabungan kembali ke satuannya – masing- masing,” tutupnya.

Muharno Zarka-Wahyu