blank
IMBAUAN: Bripka Darsono saat berbincang-bincang dengan warga, sekaligus memberikan imbauan, agar para petani waspada curanmor dan bencana. Foto: wahono

BLORA (SUARABARU.ID)– Personel Polsek Kunduran, Polres Blora, Jawa tengah, mempunyai cara tersendiri untuk mengajak warga, agar berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Agar Kamtibmas di wilayah Kecamatan Kunduran tetap aman, sejuk dan kondusif, personil Bhabinkamtibmas  rajin melakukan kegiatan turun ke sawah menemui warga petani.

Bhabinkamtibmas turun ke sawah, bertujuan untuk mengajak masyarakat, terutama para petani, agar ikut aktif dalam menjaga keamanan lingkungan, dan petani bisa menjadi “polisi” bagi dirinya sendiri.

BACA JUGA : Kapolsek Kunduran Beri Penyuluhan Bahaya Narkoba dan Tertib Berlalu Lintas

”Kami berdayakan agar Bhabinkamtibmas rajinjuga turun sawah, mengimbau warga agar  menjaga keamanan mereka sendiri,” jelas Kapolsek Kunduran, Iptu (Pol) Lilik Eko Sukaryono, Senin (24/2/2020).

Lilik melanjutkan, selama musim tanam, sawah ramai oleh petani yang bercocok tanam. Dalam aktivitasnya sehari-hari, para petani menggunakan sepeda motor, yang kemudian di parkir di tepi sawah.

“Dari sinilah muncul kerawanan yang harus diantisipasi, yaitu pencurian kendaraan bermotor (curanmor) di sawah,” katanya.

Petir

Selain itu, lanjut Kapolsek Kunduran, ketika hujan turun banyak petani yang masih nekat beraktivitas di sawah, meskipun sangat membahayakan mereka.

Untuk keperluan itu, Bhabinkamtibmas digerakkan mengimbau warga agar waspada curanmor, dan saat hujan deras diwanti-wanti berhenti beraktivitas karena rawan sambaran petir.

Seperti  dilakukan Bripka (Pol) Darsono, Bhabinkamtibmas Desa Buloh, ikut membaur nimbrung di gubuk sawah bersama warga,   mengimbau, agar warga selalu waspada, baik curanmor maupun waspada bencana.

”Kami imbau warga agar mengunci kendaraan saat parkir, dan diingatkan waspada saat hujan deras, jangan dulu beraktivitas di sawah,” pungkasnya.

Wahono-Riyan