Bagikan
Majelis Pembimbing Kwarran Kecamatan Kendal, Agoeng Boedhi Tjahjono, selaku Camat Kendal Kota, saat hendak melepas balon ke udara.(FOTO:SB/Agung)

KENDAL(SUARABARU.ID)- Kwartir Ranting (Kwarran) Pramuka Kecamatan Kendal Kota menggelar acara pesta siaga tahun 2020, Sabtu (22/2/20) di SMP N 1 Jl. Sebatang Kendal.

Kegiatan dibuka oleh Majelis Pembimbing Kwarran Kecamatan Kendal, Agoeng Boedhi Tjahjono, selaku Camat Kendal Kota, dengan ditandai pemukulan gong dan pelepasan balon ke udara.

Tema pesta siaga mengangkat “Ramah, Peduli dan Ceria”. Dengan motto “Satyaku Ku Darmakan, Darmaku Ku Bhaktikan”.

Hadir pada acara ini antara lain, Ketua dan Pengurus Majelis Pembimbing Kwartir Ranting Kecamatan Kendal, Korwilcam Bidang Pendidikan Kecamatan Kendal, Ketua dan Pengurus Kwatir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Kendal, dan Kamabigus SD/MI se-Kwarran Kecamatan Kendal.

Agoeng Boedhi Tjahjono mengatakan, gerakan pramuka tetap masih relevan dengan perkembangan zaman meskipun era globalisasi ini penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan tetapi manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama.

“Bukan hanya manusia atau pemuda cerdas saja yang menguasai ilmu pengetahuan, akan tetapi juga pemuda yang tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, serta generasi muda yang rukun dan bersatu,” kata Agoeng Boedhi Tjahjono .

Untuk itu, menurut Agoeng Boedhi Tjahjono, menjadi pemuda harus sanggup mengahadapi tantangan, berbagai persoalan yang ada, dan sanggup menatap masa depan dengan lebih baik.

Dalam undang-undang gerakan pramuka disebutkan bahwa pendidikan kepramukaan termasuk dalam jalur pendidikan non formal, sebagai salah satu pilar dalam sistem pendidikan nasional yang diperkaya dengan pendidikan nilai-nilai yang berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan dalam hidup.

“Untuk itulah, pentingnya penghayatan dan pengamalan Dwi Satya dan Dwi Darma pramuka bagi segenap anggota pramuka siaga,” ungkap Agoeng Boedhi Tjahjono.
Ketua panitia kegiatan, Sumarjo mengatakan, tujuan kegiatan pesta siaga adalah untuk membina menanamkan dan meningkatkan wawasan kebangsaan, kesadaran berbangsa dan benegara, dan memupuk rasa persatuan, kesatuan serta jiwa kejuangan bagi generasi muda Indonesia.

“Dengan begitu dapat terpacu pribadi yang tangguh, mandiri, disiplin dan siap meneruskan nilai-nilai kejuangan diri pada generasi sebelumnya,” kata Sumarjo.

Kegiatan pesta siaga diikuti oleh pramuka siaga utusan dari masing-masing Gugus Depan SD/MI se-Kecamatan Kendal. Setiap gugus depan mengirimkan satu barung putra dan satu barung putri. Tiap barung terdiri dari 10 anak. Jumlah sekolah yang mengikuti kegiatan hari sebanyak 37 SD dan 3 MI.

Ketua Kwarran Kecamatan Kendal Kota, Surono berharap dengan kegiatan Kwarran Ranting Kecamatan Kendal ini nantinya bisa ikut pada Pesta Siaga tingkat kabupaten.
“Saya berharap akan dapat ikut pada tingkat kabupaten, dan pastinya dapat membawa pulang nama baik, yaitu datang membawa warna dan pulang membawa prestasi,” harap Surono. Agung-mm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here