blank
Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Machmud menanam  bibit pohon cengkeh di sekitar area parkir Gunung Telomoyo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, pada puncak peringatan Hari Pers Nasional tingkat Kabupaten Magelang. Foto: Suarabaru. Id./ Yon

blankMAGELANG,(SUARABARU.ID)– Puncak peringatan Hari Pers Nasional  (HPN) 2020 tingkat Kabupaten Magelang diisi dengan penghijauan  dan pelepasan ke alam bebas burung perkutut dan jalak penyu di kawasan hutan Gunung Telomoyo, Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang, Sabtu ( 22/2).

“Selain ikut serta dalam menjaga kelestarian alam, kegiatan ini juga bertujuan untuk menunjang pariwisata di Gunung Telomoyo, sehingga  perekonomian masyarakat sekitar bisa meningkat,” kata Ketua Panitia HPN Kabupaten Magelang, Nina Atmasari.

Nina mengatakan, dalam pelestarian alam Gunung Telomoyo  tersebut, pihaknya menggandeng beberapa pihak baik di Kota maupun Kabupaten Magelang serta Pemkab Magelang. Adapun jumlah pohon yang ditanam di sekitar area parkir Gunung Telomoyo  tersebut sebanyak 2.000 pohon. Yakni, bibit pohon pinus, nyamplung, cengkeh, sirsak, petai, durian, jeruk , gayam, dan pohon akar wangi.

“Sedangkan,  burung yang dilepas ke alam bebas di gunung tersebut 12 pasang burung perkutut dan 10 ekor burung jalak penyu,” ujarnya.

Ia menambahkana, pelepasan ke alam bebas di kawasan gunung yang mempunyai ketinggian 1894 meter di atas permukaan laut dan berada di perbatasan antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang tersebut, untuk menambah keanekaragam hayati yang masih banyak hidup bebas dan gunung tersebut, seperti kijang dan kera ekor panjang.

Menurutnya, dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional 2020,sebelumnya PWI Kabupaten Magelang dan PWI Kota Magelang melakukan ziarah ke makam mantana tokoh pers Magelang. Yakni, mantan  Ketua PWI Kedu, Subakir di Desa Tirtosari, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang dan makam mantan wartawan senior, Bambang Haryono, di TPU Nglarangan, Kelurahan Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang.

Pilar Pembangunan

Sementara itu, Ketua PWI Jawa Tengah, Amir Machmud mengatakan, kegiatan penghijauan Gunung Telomoyo yang dilakukan oleh anggota PWI Kabupaten Magelang tersebut, menegaskan kembali bahwa PWI Kabupaten Magelang menjadi salah satu pilar pembangunan di daerah.

“PWI Kabupaten Magelang  dalam lima tahun terakhir  menjadi salah satu PWI terbaik di Jawa Tengah. Salah satu indikatornya, yakni ada kemauan dan kemampuan sumber daya manusia (wartawan,red), untuk menjalin sinergitas dengan unsur-unsur lain di lingkungan pemkab,” katanya.

Ia menambahkan, PWI Jateng selama lima tahun terakhir mengampanyekan  jurnalistik impiratif. Yakni, memposisikan diri sebagai elemen  yang berdiri sejajar dan mempunyai niat yang baik  berdiri sejajar dan mempunyai niat yang sama untuk membangun daerah.

“Untuk PWI Kabupaten Mahelang, saya memberi penekanan agar menjadi pendorong pariwisata di wilayah Kabupaten Magelang. Pada HPN 2019 lalu, PWI Jateng menggelar   lomba penulisan potensi wisata dari beberapa destinasi wisata di Kabupaten Magelang,” kata Amir.

Amir Machmud menegaskan,  sebagai  bagian dari kampanye jurnalistik  tersebut, PWI Kabupaten Magelang  akan terus membangun sinergitas antara PWI Kabupaten Magelang  dengan Pemkab Magelang bersama jajaran forum pimpinan daerah.

“ Di tingkat PWI Jateng, kami juga terus memacu kawan-kawan di daerah untuk menjadi bagian dari implementasi jurnalisme inspiratif, sehingga kekuatan lokal bisa dibangkitkan bersama. Semoga ini menjadi modal yang bagus  good news, bukan sekedar bad news is good news. Tetapi,  god news is good news dan inpsiratif news,” tandasnya.

Yon-trs