blank
Bunga Alivia, perwakilan Jateng di ajang Miss Indonesia 2020 yang berasal dari Kudus. foto:Ist

KUDUS (SUARABARU.ID) – Setelah menjadi perbincangan luas di kalangan masyarakat Kudus, Bunga Alivia, finalis Miss Indonesia 2020 perwakilan Jateng yang juga mantan duta wisata Kudus ini  akhirnya meminta maaf. Hal tersebut menyusul kesalahan ucapnya di ajang final Miss Indonesia saat menyebutkan Menara Kudus merupakan peninggalan Sunan Kalijaga.

Pernyataan maaf Bunga tersebut disampaikan melalui instastory miliknya. Dalam pernyataannya, Bunga mengaku tidak menyadari apa yang diucapkannya adalah kekeliruan.

Di akun instagram yang bernama Alivia Bunga Kurniawan, tertulis permintaan maafnya sebagai berikut;

“Halo semuanya! Terkait pada saat malam puncak, saya benar-benar minta maaf atas kesalahan pengucapan yang saya lakukan. Saya di atas panggung pun tidak menyadari bahwa yg terucap tersebut salah, dan baru menyadarinya setelah saya melihat ulang siarannya, karena maksud hati dan pikiran saya ingin mengucap “WALISONGO”. Dengan segala kerendahan hati, saya meminta maaf atas jawaban yang saya ucapkan khususnya untuk warga Kudus, ucapan yang sayaa ucapkan salah karena sedang berada di dalam keadaan nervous sehingga saya tidak menyadarinya. Saya pribadi tetap bangga sudah mewakili JAWA TENGAH di ajang Miss Indonesia, dan lagi saya sudah dapat membawa nama Kudus di hadapan masyarakat Indonesia dan dapat masuk ke dalam 16 besar.Sekali lagi terima kasih atas support dan doanya yang telah diberikan pada saya selama ini, Alivia Bunga”

blank
instastory Bunga Alivia

Selain menuliskan permohonan maaf tersebut, melalui instastorynya Bunga juga mengucapkan terima kasih kepada Plt Bupati Kudus Hartopo. Dengan memasang foto Hartopo dan beberapa orang pejabat, Bunga menuliskan

“Terima kasih juga saya ucapkan kepada bapak Hartopo selaku Plt Bupati Kab. Kudus beserta jajarannya dan kepada Ibu Wahyu selaku Kepala Dinas Kebudayaan&Pariwisata Kab.Kudus dan juga Ibu Tika selaku Kabid Pariwisata Kab.Kudus yang telah menyempatkan waktunya untuk hadir menyaksikan saya secara langsung di malam puncak Miss Indonesia 2020”.

blank
Ucapan terima kasih Bunga Alivia kepada Plt Bupati Kudus Hartopo.

Kesalahan ucap Bunga tersebut dilakukan saat sesi tanya jawab. Dalam acara yang disiarkan secara langsung oleh RCTI, Kamis (20/2) malam, Bunga mendapat pertanyaan dari host Roby Purba tentang hal apa di Kudus yang perlu diketahui masyarakat Indonesia.

Baca juga: Salah Ucap Miss Indonesia Asal Kudus, Ini Kata Dinas Pariwisata

Spontan, Bunga menjawab kalau di Kudus ada Menara Kudus yang merupakan peninggalan Sunan Kalijaga.

Jawaban itulah yang akhirnya memicu reaksi masyarakat Kudus. Di media sosial terutama, banyak warganet yang kecewa atas kesalahan dari Bunga tersebut. Pasalnya, sebagai ikon utama wisata di Kudus, Menara Kudus jelas-jelas merupakan peninggalan Sunan Kudus.

Sementara, Kabid Pariwisata pada Disbudpar Kudus, Mutrika mengapresiasi sikap dan mental Bunga. Sebab, meski banyak nyinyiran kepadanya, Bunga menunjukkan kebesaran hati dengan berani meminta maaf kepada masyarakat Kudus.

“Saya lihat secara mental dia cukup bagus. Kalau tidak bagus kan ya gak mungkin dia juara di Jawa Tengah,”kata Mutrika.

Namun demikian, lanjut Mutrika, secara pribadi dirinya belum pernah bersua dengan Bunga secara langsung usai malam final Miss Indonesia.

Tm/Ab