blank
DILANTIK: Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkalan Udara (Dankodiklatau) Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah, melantik para bintara dalam upacara pelantikan dan pengambilan sumpah Semaba TNI AU di Lapangan Dirgantara, Lanud Adi Soemarmo, Jumat (21/2/2020). (Suarabaru.id/Bagus Adji)

KARANGANYAR, SUARABARU.ID – Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Udara (Dankodiklatau) Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansyah, melantik 480 Bintara TNI Angkatan Udara di Lapangan Dirgantara, Lanud Adi Soemarmo, Colomadu, Karanganyar, Jumat (21/2/2020).

Ke-480 siswa tersebut terdiri dari 420 siswa Semaba PK pria dan 60 siswa Semaba PK wanita, dilantik sekaligus diambil sumpah siswa Sekolah Pertama Bintara (Sermaba) PK Pria dan Wanita TNI AU Angkatan ke 44 Ta 2019.

Dalam sambutannya Marsekal Muda TNI Tatang Harlyansah mengemukakan, dengan telah dilantiknya para siswa sebagai bintara prajurit karier Angkatan Udara, merupakan puncak dari perjuangan maksimal yang telah dilaksanakan selama mengikuti pendidikan.

blank

“Keberhasilan yang dicapai saat ini merupakan langkah awal dari pengabdian TNI Angkatan Udara para bintara kepada bangsa dan Negara,” tegas Tatang saat menjadi Inpektur Upacara.

Dalam upaya meningkalkan profesionalisme sebagai prajurit karier, para bintara dituntut untuk senantiasa belajar dan berlatih guna meningkatkan kapasitas, kapabilitas integritas dan kesamaptaan jasmani yang prima, agar senantiasa siap sedia menghadapi tugas-tugas ke depan.

“Jadikan integritas, profesionalisme, disiplin, loyalitas, moral dan etika sebagai tolak ukur dalam melaksanakan tugas. Para bintara tetap harus meningkatkan profesionalisme di bidang tugas masing-masing maupun pendidkan lebih lanjut nanti, karena semuanya itu memiliki nilai strategis dalam mengawaki organisasi TNI AU mendatang,” jelas Tatang.

blank

Terpilih sebagai lulusan terbaik Semaba PK Pria adalah Serda Awalul Fajri kelahiran Banyumas, 26 September 2000, putra Bapak/lbu Khadirun. Adapun sebagai lulusan terbaik Semaba PK Wanita yaitu Serda Rindiani Yustiawati kelahiran Bandung. 02 November 1999 putri pasangan Bp Yusyus Rusmana dan Ibu Tira Herawati.

Para mantan Siswa Semaba TNI AU Angkalan ke-44 ini menempuh pendidikan selama 5 bulan di Skadik 403 Lanud Adi Soemarmo untuk Semaba PK Pria dan Semaba PK Wanita di Skadik 105 Lanud Adi Suljipto Yogyakarta.

Di Skadik tersebut para Bintara TNI AU digembleng, ditempa dari masyarakat sipil menjadi prajurit TNI Angkatan Udara yang profesional, militan dan inovatif.

Di pengujung acara pelantikan dan sumpah bintara, para mantan siswa menunjukkan kebolehan dan keterampilan bela diri, cakap menggunakan senjata, dan simulasi pembebasan sandera dari sarang pemberontak bersenjata.

Bagus Adji