blank
PENGARAHAN: Bhabinkamtibmas Bripka Rakiman (kanan), saat memberikan pengarahan akan pentingnya menjaga kebersihan, kesehatan dan keselamatan kerja pada karyawan pemotongan ayam UD Dua Saudara. Foto: wahono

BLORA (SUARABARU.ID) – Sebagai upaya untuk mencegah kembali menyebarnya wabah virus flu burung, dan untuk menjalin kemitraan antara Polri dengan masyarakat, Kamis (20/2/2020), Bhabinkamtibmas Polsek Blora Bripka Rakiman, menyambangi tempat pemotongan ayam di Desa Kamolan, Blora, Jawa Tengah.

Tujuan dari kegiatan, antara lain penyampaian pesan kesehatan untuk mencegah penyebaran wabah penyakit, seperti flu burung.

”Jangan menimbun limbah dalam satu tempat di sekitar pemukiman, limbah ini sangat menganggu kenyamanan masyarakat,” pesan Rakiman.

Menurutnya, kasus pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh limbah ayam, akan sangat membahayakan kesehatan orang lain, tambah Bripka Rakiman.

BACA JUGA : Polres Blora Rutin Gelar Binrohtal

Selain itu, kepada para pegawai diharapkan juga selalu berhati–hati dalam bekerja, mengutamakan keselamatan dan kesehatan, dengan memakai masker, sarung tangan anti kuman dan juga sepatu boots.

”Para pekerja harus memperhatikan kesehatannya, karena bekerja di tempat pemotongan hewan seperti ini, rentan terjangkit penyakit,” kata Rakiman lagi.

Kapolsek Blora, AKP Agus Budiana SH, saat dikonfirmasi menjelaskan Bhabinkatibmas agar senantiasa mengajak masyarakat menciptakan situasi yang aman dan kondusif di lingkungan masing-masing.

Bahkan partisipasi masyarakat dalam membantu kepolisian sangat dibutuhkan, untuk mencegah gangguan keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

”Dalam menjaga situasi tetap aman dan kondusif, perlu peran aktif masyarakat bersama kepolisian,” jelas Kapolsek.

Menurut Suyanto (38), salah satu pegawai pemotongan ayam di UD Dua Saudara mengakui selama ini Bripka Rakiman Bhabinkamtibmas sangat aktif menyambangi tempat kerjanya.

Dengan seringnya kehadiran petugas Kepolisian, para pekerja merasa aman, dan nyaman dalam bekerja.

”Kami senang sering disambangi Bhabinkamtibmas, Pak Rakiman. Apalagi orangnnya ramah dan sangat peduli terhadap kebersihan dan keamanan lingkungan,” ujarnya.

Wahono-Riyan