blank

JEPARA (SUARABARU.ID)- Hujan deras yang terjadi di Jepara sepanjang hari Rabu (19/2-2020) bukan saja mengakibatkan desa Sumberejo, Kecamatan Donorojo kembali dilanda banjir, tetapi juga mengakibatkan tanah longsor di beberapa tempat. Juga pohon tumbang dan rumah roboh.

Kepala Pelaksana BPBD Jepara Arwin Noor Isdiyanto membenarkan telah terjadi tanah longsor di Kelurahan Pengkol, RT 05 RW 01, pada pukul 05.30 Wib. “ Rumah seorang janda bernama bu Kayatun, ambrol terbawa longsor. Selain itu, dinding rumah juga  mengalami keretakan,” ujar Arwin Noor Isdiyanto

Dalam waktu yang sama juga terjadi tanah longsor di Dukuh Gronggong RT 28 RW 04 Desa Tanjung, Kecamatan Pakis Aji hingga material longsoran menutup akses jalan.  Sedangkan kejadian ketiga terjadi  di Desa Papasan, Kecamatan Bangsri. “Tebing setinggi 15 meter, dengan panjang  6 meter mengalami longsor hingga  material tanah menutupi jalan desa.”ungkapnya.

“Untuk Dukuh Gronggong, sudah dibersihkan dengan menggunakan alat berat DPUPR Jepara, sedangkan untuk Desa Papasan dibersihkan dengan cara manual atau kerja bakti petugas dibantu warga,” kata Arwin.

Sedangkan rumah roboh terjadi di wilayah Rt 11 RW 2, Desa Bulungan Kecamatan Pakis Aji. Kali ini menimpa rumah milik Turiyoso. Sedangkan  material tanah menutup akses jalan.

Sementara pohon tumbang  terjadi di Desa Wonorejo, Jepara, Desa Krasak Kecamatan Bangsri, dan Desa Senenan Kecamatan Tahunan. Akibat dari kejadian tersebut, sempat menutup akses jalan. Selain itu juga terjadi di Desa Karangkebagusan, Jepara, dan Desa Guyangan, Bangsri.

Hadi Priyanto