blank
Bertempat di aula Gedung Dekopin, Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi (berdiri) memberikan pembekalan Wasbang kepada para generasi muda.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dandim 0728 Wonogiri Letkol (Inf) Imron Masyhadi SE, mengimbau kepada seluruh generasi muda agar peka terhadap lingkungan, dan bersikap pandai serta bijak dalam bermedia sosial (ber-Medsos). ”Tidak membagikan informasi yang belum tentu kebenarannya,” tegasnya.

Penegasannya ini, Selasa (18/2), disampaikan ketika tampil memberikan materi pembekalan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) yang digelar di aula gedung Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) Kabupaten Wonogiri. Pembekalan Wasbang diberikan kepada 100 pemuda, pelajar, mahasiswa dan generasi muda Purna Paskibra, yang dikemas dalam materi Pendidikan dan pengembangan karakter bangsa kader revolusi mental, sebagai bukti kecintaan terhadap Tanah Air.

Kegiatan pembekalan Wasbang kepada generasi muda ini, dibuka oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah yang diwakili Kabid Poldagri. Ibnu Kuncoro. Kepada para narasumber, diharapkan dapat memberikan pencerahan kepada para pemuda-pemudi, agar mempunyai rasa bangga terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dandim dalam penyampaian materinya, menekankan perlunya pembinaan Wasbang terhadap generasi muda sebagai generasi penerus bangsa. Kepada mereka, perlu ditanamkan rasa cinta kepada Tanah Air, karena saat ini rasa nasionalisme sebagian masyarakat Indonesia sudah tidak mencerminkan nilai-nilai luhur Pancasila. ”Sehingga perlu dilakukan penanaman dan pemahaman terhadap generasi penerus bangsa,” tegasnya.

Adapun maksud serta tujuannya, adalah untuk membentuk bangsa yang tangguh, bermoral, bertoleransi, berakhlak mulia dan bergotong-royong. Yakni untuk membentuk bangsa yang berjiwa patriotik dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kata Dandim, untuk mewujudkan hal tersebut, harus diperkuat dengan pendidikan agar memiliki jatidiri yang berkarakter, dalam rangka menjaga keutuhan NKRI.

Jatidiri karakter bangsa, diperlukan dengan penanaman dan pemahaman pendidikan tentang nilai-nilai Pancasila, budi pekerti, watak dan juga pendidikan moral. Ditambahkan oleh Dandim, cinta Tanah Air dapat diimplementasikan dalam berbagai kegiatan yang positif, diantaranya dengan belajar dengan tekun, tidak tawuran, cinta terhadap produk dalam negeri.

Bambang Pur