blank
Ilustrasi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Kabar gembira bagi para anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Di tahun 2020 ini, para anggota DPR-nya desa akan mendapatkan kenaikan tunjangan serta biaya operasional yang cukup signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Kepala Bidang Pemerintah Desa Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kudus Dian Tamzis mengatakan, untuk tunjangan bagi BPD mengalami peningkatan. Untuk ketua BPD setiap bulannya mendapatkan Rp 1,3 juta perbulan. Kemudian wakilnya Rp 1,1, juta dan sekretaris BPD dan masing-masing anggota mendapatkan Rp 1 juta perbulan.

“Kenaikan tunjangan para anggota BPD ini berlaku di tahun 2020 berdasarkan Perbup 13 Tahun 2020 tentang tunjangan BPD,”kata Tamzis, Selasa (18/2).

Kenaikan jumlah tunjangan bagi anggota BPD tersebut terbilang cukup besar. Pasalnya, di tahun 2019 silam, tunjangan untuk Ketua BPD setiap bulannya hanya Rp 750 ribu. Lalu untuk wakilnya Rp 700 ribu, sekretaris Rp 659 ribu, dan anggota mendapatkan tunjangan sebesar Rp 600 ribu.

Tamzis menambahkan, selain kenaikan tunjangan, para anggota BPD juga akan mendapatkan jatah biaya operasional sebesar Rp 12,5 juta. Jumlah tersebut ada kenaikan dibanding tahun sebelumnya yang hanya Rp 10 juta.

Oleh karena itu,ia berharap agar kinerja BPD di masing-masing desa di Kudus untuk lebih maksimal. Untuk fungsi BPD ini terkait dengan pembahasan peraturan desa, penyerapan aspirasi masyarakat dan pengawasan kinerja kepala desa.

“Intinya dengan kenaikan BPD semakin meningkatkan fungsi dan tugasnya sebagai badan pemasyarakan desa,” tandasnya.

Sesuai ketentuan perundangan, alokasi anggaran operasional dan tunjangan anggota BPD bersumber dari keuangan desa. Sehingga, pemberian dana tersebut juga harus melihat kemampuan keuangan desa.

Selain itu, anggaran tersebut juga dialokasikan dengan basis kinerja. Jika melihat wilayah geografis desa-desa yang ada di Kudus, terbilang cukup kecil. Sehingga, besaran tunjangan tersebut bisa dikatakan cukup.

“Jika dibandingkan desa di kabupaten lain, tentu desa yang ada di Kudus terbilang cukup mudah terjangkau,”katanya.