blank
PEMBICARA: Para pembicara pada kegiatan Pengukuhan (FKUB) dan sarasehan kerukunan umat beragama, di Pendapa Rumah Dinas Bupati Blora, Selasa (18/2/2020). Foto: wahono

BLORA (SUARABARU.ID)- Pengurus Forum Komunikasi Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Blora, Selasa (18/2/2020), dikukuhkan. Selain dihadiri Bupati beserta Forkompinda setempat, hadir Danrem Makutarama Kolonel (Arm) Moch Erwansjah.

Kehadiran Danrem ini, tak lain untuk pelaksanaan penandatanganan hibah daerah untuk pengamanan pemilihan kepalan daerah (Pilkada) 2020 Kabupaten Blora.

Naskah hibah daerah tersebut, ditandatangani Danrem selaku perwakilan TNI, Kapolres Blora AKBP Antonius Anang selaku perwakilan kepolisian, dan Bupati Blora H Djoko Nugroho.

BACA JUGA : Peran Ganda Bhabinkamtibmas Polsek Blora Dipuji

Kegiatan yang dirangkaikan dengan sarasehan kerukunan umat beragama ini, juga dihadiri seluruh kepala desa dan kelurahan di wilayah kecamatan Blora.

Bupati Blora H Djoko Nugroho dalam sambutannya menyampaikan, pengukuhan FKUB ini merupakan salah satu momen awal, untuk menciptakan kesatuan dan persatuan di Indonesia, terutama di Kabupaten Blora.

”Bahwa FKUB trahnya adalah yang paling tinggi. Karena mereka perwakilan agama di Blora, yang mempunyai tugas mulia untuk menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama,” ucap Bupati.

blank
INDONESIA RAYA: Para peserta sarasehan saat menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Foto: wahono

Pilkada 2020
Bupati menguraikan bahwa kerukunan dan toleransi erat hubungannya dengan keamanan, dimana jika bisa terjalin kerukunan dan toleransi antar umat beragama yang baik, maka akan tercipta situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

Sementara itu, Kapolres Blora AKBP Antonius Anang menambahkan, pihaknya mendukung penuh pembentukan FKUB Kabupaten Blora ini, untuk kemudian bersama-sama mewujudkan toleransi dan kerukunan antar-umat beragama.

”Mari kita bersama-sama menjaga toleransi dan kerukunan umat, terutama jelang Pilkada 2020. Semoga suasana selalu kondusif, dengan kerja sama dari seluruh elemen masyarakat,” harap Kapolres.

Susunan Pengurus FKUB Kabupaten Blora Periode 2019-2020

1. Ketua : KH Ishad Syofawi (Islam)
2. Wakil Ketua : Pendeta Yulius Sukarno STh MBA (Kristen)
3. Wakil Ketua : HM Fatah SAg MEd (Islam)
4. Sekretaris : Fathul Himam SAg MPdi (Islam)
5. Sekretaris : Pendeta Yosua Sudarso (Kristen)
6. Bendahara : Amalia Winarni SE (Islam)

Anggota FKUB
1. Yohanes Maria Hendro Cahyono (Katolik)
2. I Nyoman Arta (Hindu)
3. Ngatno SPd B (Budha)
4. Liantini (Konghucu)
5. H Sukisno SAg MPdi (Islam)
6. H Immawan Eko Fakhrudin SAg MM (Islam)
7. Agus Riyanto STh (Kristen)
8. Drs H Masfuin MPDi (Islam)
9. Drs H Djoko Santoso MPd (Islam)
10. H Sumaidi SAg MPdi (Islam)
11. Drs Nuril Asrori MHum (Islam)

Wahono-Riyan