blank
Juergen Klinsmann/dok

BERLIN (SUARABARU.ID) – Pelatih Hertha Berlin Juergen ”Klinsi” Klinsmann memilih mengundurkan diri setelah merasa tak mendapat dukungan yang cukup dari manajemen klub Bundesliga itu. Klinsi (55) diangkat sebagai pelatih Hertha pada November 2019 menggantikan Ante Covic yang diherhentikan selepas serangkaian hasil buruk. Saat itu Hertha cuma menang satu kali dalam lima pertandingan di semua kompetisi dan tersingkir dari Piala DFB.

Setelah Klinsi masuk, Berlin mulai meninggalkan zona degradasi. Sayang, mantan kapten dan pelatih Timnas Jerman itu menyatakan mundur karena tidak mendapat dukungan penuh. Keinginan striker top ini untuk lebih leluasa dalam mengatur tim ditentang manajemen. Saat ini Hertha menduduki peringkat ke-14 pada klasemen sementara Bundesliga (Liga Primer Jerman).

“Sebagai pelatih kepala, saya butuh dukungan dari semua orang yang terlibat dalam tugas ini untuk menuntaskannya. Khususnya dalam perjuangan lolos degradasi, kesatuan, dan fokus ke inti adalah elemen paling penting,” ujar Klinsi. “Kalau itu tidak dijamin, saya tak bisa memaksimalkan potensi saya sebagai pelatih. Tugas saya sekarang adalah kembali sebagai anggota dewan pengawas klub,” paparnya.

Begitu Klinsi pergi, jabatan pelatih sementara dipercayakan pada Alexander Nouri. Pria 40 tahun ini punya pengalaman menukangi Werder Bremen dan Ingolstadt. Tak seperti Klinsi, Nouri bukanlah figur terkenal dalam sepak bola Jerman. (rr)