blank

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-MAN 1 Wonosobo kini sudah berusia 42 tahun. Guna memeriahkan hari ulang tahunnya, madrasah yang terletak di Jalan Raya Mendolo Km 03 Kelurahan Bumireso tersebut menggelar berbagai even, baik bagi siswa MAN maupun MTs/SMP.

Kepala MAN 1 Wonosobo Drs Warsam berharap melalui gelaran HUT ke-42 MAN 1 ke depan bisa memberi dampak positif bagi perkembangan madrasah, baik dari sisi prestasi olah raga, seni budaya, keunggulan bidang keagaamaan maupun akademis.

“Setiap tahun MAN 1 menggelar event hari ulang tahun. Tahun ini HUT ke-42 dihelat lebih semarak dan gayeng. Semua warga MAN 1, dari siswa, guru dan karyawan digerakan agar perhelatan tahunan tersebut berlangsung sukses dan mengesankan,” katanya.

Rangkaian HUT ke-42 MAN 1, imbuhnya, berlangsung selama tiga hari, mulai Senin (10/2) hingga puncak acara Rabu (12/2). Kegiatan ulang tahun dipusatkan di komplek kampus MAN 1 Wonosobo. Suasana madrasah pun tampak lebih ingar-bingar dari hari biasanya.

“Melalui perhelatan hari ulang tahun, siswa sesungguhnya belajar berbagai hal. Dari mengelola event, membangun jaringan, mengasah potensi olah raga, seni-budaya dan keagamaan hingga belajar mengaplikasikan kemampuan di bidang IT,” katanya.

Aneka Lomba

Ketua Panitia HUT ke 42 MAN 1 Wonosobo Felik Ahmad Mustofa SPdI mengatakan kegiatan internal yang digelar Senin (10/2) meliputi market day, seni grafity, lomba vlog, ziarah ke makam ulama pendiri MAN 1 Wonosobo, yang diikuti siswa dan guru.

“Sedang kegiatan eksternal berupa lomba volly, futsal dan MTQ antar siswa MTs/SMP serta lomba MTQ. Lomba futsal dilanjutkan hari berikutnya, Selasa (11/2), dibarengkan dengan lomba qosidah klasik bagi siswa MTs/SMP,” paparnya.

Hari Selasa (11/2), juga dihelat jalan sehat, lomba musik band, market day dan lomba vlog yang diikuti siswa-siswi MAN 1 Wonosobo. Acara akan ditutup dengan agenda tumpengan massal dan pengajian akbar oleh Mar’atus Sholihah, yang juga alumni MAN 1.

Adapun juara 1-3 volly putra yakni SMP Negeri 1 Kalibawang, SMP Negeri 1 Wadaslintang, SMP Negeri 1 Sukoharjo dan SMP Negeri 1 Kaliwiro. Juara 1-3 volly putri SMP Negeri 1 Wadaslintang, SMP Negeri 3 Kaliwiro, MTs Ma’arif Kaligowong dan SMP Satap Kalibawang.

“Lomba futsal putra sudah masuk 8 besar dan futsal putri babak penyisihan. Lomba volly diikuti 20 tim putra dan 10 tim putri. Sedang futsal 37 tim putra dan 7 tim putri. Market day siswa membuat karya kuliner berbahan organik,” terangnya.

Muharno Zarka -Wahyu