blank
SEKJEN PMI: Mantan Menteri ESDM yang kini menjabat sebagai Sekjen PMI Sudirman Said (kiri), saat berkunjung ke rumah dinas Gubernur Jateng di Puri Gedeh, Selasa (11/2/2020). Foto: hery priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Panasnya pertarungan Pilkada 2018 lalu, tidak membuat hubungan Ganjar Pranowo dan Sudirman Said renggang. Keduanya masih sangat akrab dan saling mendukung satu sama lain, usai pertarungan memperebutkan kursi Jateng Satu waktu itu.

Hal ini nampak jelas, saat Sudirman Said berkunjung ke rumah dinas Gubernur Jateng di Puri Gedeh, Semarang, Selasa (11/2/2020). Pelukan hangat, ciuman pipi kanan dan kiri serta saling memuji, mewarnai pertemuan singkat itu.

BACA JUGA : Bupati Serahkan Sertifikat Laik Fungsi RS Panti Rahayu Purwodadi

Sudirman Said berkunjung ke kediaman Ganjar dalam rangka audiensi. Dia yang saat ini menjabat sebagai Sekjen Palang Merah Indonesia (PMI), ingin menjalin kerja sama yang baik di bidang kemanusiaan dengan PMI di daerah, termasuk Jateng.

”Sebenarnya saya sudah lama pengin silaturahmi dengan bapak. Alhamdulillah sekarang kesampaian. Kedatangan saya ke sini untuk silaturahmi, sekaligus menghadap Pak Gubernur selaku pelindung PMI Jateng,” kata Sudirman Said, saat pertama bertemu Ganjar.

Menurut dia, kinerja PMI Jateng dalam hal kemanusiaan selama ini sangat bagus. Bahkan lanjut dia, PMI Jateng bisa menjadi role model Nasional dalam berbagai hal.

”Kami terkesan dengan kekompakan tim, kelengkapan sarana prasarana, kecanggihan pengelolaan darah, sampai kesiagaan bencana. Dari sekian banyak PMI, menurut saya Jateng yang terbaik,” puji dia.

Ganjar Pranowo sendiri mengapresiasi kunjungan Sudirman Said ini. Menurutnya, kunjungan itu dapat semakin meningkatkan peran PMI Jateng untuk lebih baik lagi.

blank
Saling Puji. Foto: hery priyono

Berbagi Kabar
”Pak Sekjen tadi bilang, PMI Jateng yang paling bagus dan menjadi role model Nasional. Tentu ini membanggakan, namun harus terus ditingkatkan. Mungkin ke depan harus lebih banyak lagi pelatihan bersama antara PMI pusat dan daerah, agar semakin hebat lagi. Khususnya bagaimana peran PMI dalam hal kesiagaan bencana,” terang Ganjar.

Disinggung kesannya dikunjungi mantan rival saat Pilkada lalu, Ganjar mengungkapkan, hubungan keduanya sangat baik. Komunikasi intens terus dilakukan sejak dulu sampai saat ini.

”Saya komunikasi dengan Pak Dirman terus-terusan, orangnya baik. Kami komunikasi oke-oke saja. Beberapa kali juga ketemu, sering berbagi kabar melalui WA,” terangnya.

Menurutnya, kontestasi politik saat Pilkada lalu tidak membuat hubungannya renggang. Sebab saat kontestasi berlangsung, keduanya tidak saling menyakiti.

”Maka saya dikunjungi ini sangat senang, apalagi beliau menjadi Sekjen PMI, dan nanti bisa bekerja sama dengan baik. Kamu lihat sendiri kan, bagaimana kehangatan kami. Pilkada tidak memisahkan kami sebagai teman, sebab kami merasa tidak pernah saling menyakiti, melukai. Kami baik-baik saja kok,” pungkasnya.

Hery Priyono-Riyan