blank
KOALISI: Partai Gerindra Kota Semarang membangun koalisi dengan PDIP Kota Semarang, untuk menghadapi Pilkada Kota Semarang pada 23 September 2020. Foto: hery priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kota Semarang, beri dukungan sepenuhnya kepada Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Semarang, yang akan dilaksanakan September 2020 mendatang.

Hal ini diwujudkan dengan dibangunnya koalisi antara Partai Gerindra Kota Semarang dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Semarang. Deklarasi koalisi dilakukan di Hotel Pandanaran, Minggu (9/2/2020), yang juga digelar sebagai perayaan HUT ke-12 Partai Gerindra.

BACA JUGA : Soal Perlindungan Anak, Bupati Wonogiri Siap ‘Pasang Badan’

Ketua DPC Gerindra Kota Semarang, Joko Santoso mengatakan, koalisi ini merupakan hasil dari evaluasi dan adanya kesamaan visi misi dalam membangun Kota Semarang menjadi lebih baik, sejahtera, dan lebih hebat.

”Kita diskusi dengan struktur partai, dan dengan masyarakat dalam bentuk jajak pendapat. Hasilnya kita melihat program pemerintahan Kota Semarang yang dipimpin Mas Hendi (sapaan akrab walikota), saat ini masih bagus. Oleh karena itu, kita mencoba bekerjasama dalam rangka pilkada 2020,” katanya.

Lebih jauh Joko mengatakan, dari koalisi itu pihak DPC selanjutnya akan melaporkan deklarasi ini kepada DPD dan DPP. Hasil diskusi lebih lanjut juga akan dilaporkan kalau nantinya sudah ada nama calon hasil rekomendasi.

”Untuk saat ini kita deklarasikan koalisinya Gerindra-PDIP. Kalau untuk calon namanya kan Mas Hendi, tetapi juga masih harus menunggu rekomendasi dari DPP. Kalau Gerindra niat dukung PDIP ya deklarasi koalisi dulu, doanya semoga Mas Hendi jadi walikota lagi. Apalagi kalau saya lihat, Mas Hendi ini tidak ada lawannya,” kata dia lagi.

blank
KESEPAKATAN: Partai Gerindra dan PDIP akhirnya sepakat untuk mengusung satu nama, Hendrar Prihadi, dalam Pilwakot 2020. Foto: hery priyono

Sepakat

Sementara itu, Walikota Semarang Hendrar Prihadi yang ditemui usai deklarasi, mengucapkan rasa terima kasih kepada Gerindra Kota Semarang, yang telah menyerahkan dukungan dan sepakat berkoalisi dengan PDIP dalam Pilwakot Semarang pada 23 September 2020 mendatang.

”Ujung utama koalisi ini adalah harus sepakat, bahwa nanti dalam Pilwakot nama yang diusung harus menang. Karena kalau kita punya walikota, maka kita akan bisa membuat Kota Semarang ini terus melakukan progres pembangunan yang masif, untuk Semarang makin hebat. Itu tujuan yang nanti akan sama-sama kita wujudkan dan selaraskan,” katanya.

Lebih jauh orang nomor satu di Kota Semarang ini mengungkapkan, selain Gerindra yang menyatakan dukungannya secara tertulis, sejumlah partai lain juga menyatakan dukungannya secara lisan. Di antaranya seperti partai Golkar, Demokrat, PAN, dan Nasdem.

”Kami rencananya hari ini akan bertemu dengan PKB untuk membicarakan hal yang terbaik bagi Kota Semarang. Sedangkan untuk komunikasi dengan PKS juga sudah dilakukan, namun kemarin “sinyalnya” masih belum bulat, sehingga saya tidak mengklaim dukungan dari PKS. Tapi ini intinya adalah proses menuju Pilwakot yang akan datang,” tutur dia.

Riyan-Muha