blank

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) yang tergabung dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat berupa aplikasi SI-BANDIT KACANG.

SI-BANDIT KACANG merupakan singkatan daru Sistem Informasi Bank Data Kecamatan Ngaliyan Hasil karya mahasiswa Teknik Informatika FTIK USM Aji Muhammad.

Selain itu Mahasiswa Ilmu Komunikasi Zahid Paningrome dan Robertus Belarminus Restu Hari Pambudi juga membuat Story Book Of Ngaliyan yang merupakan tindak lanjut aplikasi Ngaliyan hebat yang berisi tentang potensi wisata, kampung tematik dan kuliner yang ada di wilayah Kecamatan Ngaliyan, dan membuat buku media informasi dengan nama JIMAT NGALIYAN (Jaringan Informasi Kecamatan Ngaliyan).

Penyerahan hasil karya ini disampaikan oleh Rektor USM Andy Kridasusila SE MM dalam acara Kunjungan Rektor dan bazar murah KKN PPM USM XX tahun 2020 yang digelar di halaman Kecamatan Ngaliyan pada 6 Februari 2020.

“Mahasiswa KKN USM di Kecamatan Ngaliyan berhasil membuat 3 program kerja utama yang dibuat oleh Korcam Ngaliyan dan 10 program kerja unggulan dari masing-masing kelurahan” ungkap Andy.

Menurut Supervisi Kecamatan Ngaliyan Dr Sukimin MH bahwa Sistem informasi ini merupakan karya mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) USM.

Selain itu Rektor USM juga menyerahkan bantuan kemanusiaan kepada Camat Ngaliyan Agus Priharwanto SSos MM sebagai bentuk kepedulian USM kepada masyarakat yang terkena musibah yaitu uang bantuan bencana banjir sebesar Rp. 10.000.000 kepada warga 2 RW di kelurahan Wonosari Kec. Ngaliyan.

Agus menyambut gembira dan terima kasih kepada USM yang telah melaksanakan KKN di wilayah Kecamatan Ngaliyan atas penyerahan program kerja utama, bantuan bencana banjir, bantuan sembako bagi masyarakat kurang mampu, bantuan bagi lansia dan bantuan kepada Panti Asuhan.

Sementara Kepala LPPM USM Iswoyo SPt MP mengatakan bahwa kegiatan bazar murah serta kegiatan sosial seperti ini digelar di 7 Kecamatan dimana para mahasiswa USM melaksanakan program KKN.

Iswoyo menambahkan rencananya mahasiswa KKN ini akan ditarik pada 14 Februari mendatang dan harapannya program KKN PPM memberikan manfaat bagi masyarakat Kota Semarang.

USM-Wahyu