blank
Lokasi kejadian laka antara motor dan truk tronton di Jalan Raya Purwodadi - Blora, tepatnya di Desa Dapurno, jadi tontonan masyarakat. (Foto: Hana Eswe/ist)

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Diduga kurang menjaga jarak serta tidak hati-hati, seorang pengendara motor tewas saat mencoba mendahului sebuah truk tronton. Insiden ini terjadi di Jalan Raya Purwodadi-Blora, tepatnya di Desa Dapurno, Kecamatan Wirosari, Kamis (6/2/2020).

Dari informasi yang diperoleh, kejadian ini bermula saat sebuah sepeda motor jenis Yamaha Vega dengan nopol K 2789 PF yang dikemudikan Jamil (20), warga Desa Tanjungsari, Kecamatan Kradenan, dengan kecepatan tinggi. Saat mengendarai kendaraannya, Jamil berboncengan dengan rekannya, Muhammad Arwani (20).

Sesampainya di Dusun Ngringgit, Desa Dapurno, Jamil bermaksud mendahului sebuah truk trontonHino dengan nopol W 9299 UH yang dikemudikan Budi Hartoyo (46), warga Desa Temurejo, Kabupaten Blora.

Pada saat bersamaan, muncul sebuah truk trontonbernopol W 8057 UR yang disopiri Tasani (54), warga Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Karena jarak yang sudah berdekatan, Jamil tidak bisa menguasai laju motornya dan menabrak truk yang dikemudikan Tasani. Tidak sampai di situ, setelah menabrak, motor oleng ke kiri dan menyebabkan pengendara motor masuk ke kolong truk tronton Hino yang dikemudikan Budi Hartoyo.

Akibat kejadian ini, pengendara motor Yamaha Vega terlindas ban truk trontonHino dan tewas di tempat. Sedang rekannya mengalami luka lecet di tangan kanan dan tengah menjalani rawat jalan di Puskesmas Wirosari I.

Jalur Sempit

Kasatlantas Polres Grobogan, AKP Muchammad Yogi melalui Kanit Laka Lantas, Iptu Candra Bayu Septi, membenarkan kejadian tersebut. Setelah mendapatkan informasi dari masyarakat, pihaknya langsung menuju ke TKP guna melakukan olah TKP dan evakuasi korban.

“Saya mengimbau kepada para pengendara, khususnya pengendara motor yang melintas di jalur Raya Wirosari-Ngaringan ini, agar berhati-hati. Kurangi kecepatan saat berkendara, sebab jalur ini sempit.’’

‘’Hati-hati pada saat mendahului kendaraan yang berada di depannya. Satu lagi, pada jalur ini memang gelap saat malam hari sehingga pengendara tetap waspada saat melintas di daerah tersebut,” ungkap Iptu Candra, saat dikonfirmasi.

Hana Eswe/mm