blank
Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Brebes, Sutaryono. Foto: Harviyanto

BREBES (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Brebes segera membangun rumah susun sewa (Rusunawa). Rusun yang dibangun diatas lahan seluas 90×50 meter persegi itu nantinya akan digunakan untuk merelokasi warga yang selama ini tinggal di lahan pengairan Sungai Sigeleng di Desa Randusanga Kulon, Kecamatan Brebes.

“Untuk proyek sendiri saat ini masih dalam proses lelang,” terang Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperwaskim) Kabupaten Brebes, Sutaryono ditemui di ruang kerjanya, Kamis (6/2).

Sesuai dengan DE (Design Engineering), konstruksi rusun sendiri dibangun tiga lantai. Bangunan tersebut nantinya terdapat 44 kamar dengan tipe 36. Untuk anggaran sendiri, lanjut dia, pemerintah mengalokasikan dana senilai Rp 21 miliar yang bersumber dari APBN. Sedang Pemkab Brebes sendiri, dalam proyek ini sebagai penyedia lahan. Dia berharap tahapan lelang bisa berjalan lancar, dengan demikian pada Tanggal, 14 Februari bisa dilakukan penandatanganan kontrak kerja.

Dijelaskan, proyek tersebut merupakan bagian dari penanganan pemukiman kumuh. Sejauh ini, upaya penanganan di sepanjang Sungai Sigeleng sudah dilakukan. Hanya saja, untuk saat ini baru sebatas di wilayah Limbangan. Kedepan upaya penanganan akan kembali dilakukan hingga sampai ke Randusanga. “Tapi untuk proses penataan baru akan dilakukan setelah proyek Rusunawa jadi,” jelas dia.

Nantinya, penataan juga akan melibatkan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Sengingga perlu upaya kordinasi terlebih dahulu. “Untuk penataan kita belum tahu kapan alan dilaksanakan. Yang jelas menunggu Rusunawa jadi,” tegas dia.

Pihaknya pun memastikan proyek tersebut bisa selesai dalam kurun waktu enam bulan. Sedangkan menyangkut nilai sewa, nantinya baru diputuskan setelah diterbitkannya Perda dan Perbup. Selain membangun Rusunawa di Kelurahan Limbangan, saat ini Pemkab Brebes juga telah mengusulkan pembangunan Rusunawa 4 tower yang akan diperuntukan bagi tenaga kerja. Dan untuk lokasi sendiri, saat ini masih dilakukan identifikasi di sekitar Kawasan Industri Brebes (KIB).

Harviyanto-trs.