Bakamla Zona Maritim Tengah Evakuasi ABK KM Graha Angkasa 1
Para ABK KM Graha Angkasa 1 yang berhasil dievakuasi. Foto: Ant

MANADO (SUARABARU.ID)  – Bakamla Zona Maritim Tengah melakukan evakuasi terhadap 12 ABK KM Graha Angkasa 1 yang mengalami kecelakaan kapal kandas di Perairan Serei, Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Komandan Pangkalan Dermaga Bakamla di Serei Kolonel Bakamla Agus Isudin, di Manado, Selasa, mengatakan pada Senin (3/2) sekitar pukul 21.00 WITA mendapatkan informasi dari KSOP Pelabuhan Munte dan Basarnas Munte untuk mengevakuasi ABK KM Graha Angkasa I sebanyak 12 orang, terdiri 10 ABK dan dua taruna kadet.

Nakhoda kapal tidak bisa mempertahankan kapal karena kapal terombang ambing dan air laut sudah masuk sampai ke kamar mesin. Dari informasi itu, selanjutnya anggota pangkalan Armada Bakamla Serei, ABK KN Gajah Laut 404 dan ABK KN Singa laut 402 mempersiapkan proses evakuasi menggunakan RHiB dan sekoci karet Bakamla bersama dengan anggota Basarnas dan KSOP Munte.

Dikarenakan cuaca hujan deras, gelombang tinggi dan tidak ada penerangan sama sekali proses evakuasi dilaksanakan dengan sangat hati-hati. “Sekitar pukul 22.45 wita proses evakuasi telah berhasil dilaksanakan dengan aman dan lancar,” katanya.

Ia menambahkan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Kapal tersebut rencananya tujuan Morowali dengan mengangkut sekitar 3.000 ton. “Semua ABK kapal tersebut diserahkan ke KSOP Pelabuhan Munte Likupang,” katanya.

Kepala Pelabuhan Munte Mohammad Kowi mengatakan terkait dengan peristiwa tersebut, pihaknya masih melakukan penyelidikan tentang penyebabnya untuk dibuat berita acara. “Dalam penyelidikan tersebut bekerjasama dengan KSOP Bitung,” katanya.

Ant-trs