blank
Peluncuran Wakaf Uang di Jepara oleh Muhammad Nuh. ( Foto : Sofi'in)

JEPARA (SUARABARU.ID) – Dengan ditandai penyerahan wakaf uang dari Plt Bupati Jepara dan Sekda Jepara dan sejumlah wakif  kepada Ketua  Perwakilan BWI Jepara Sholih,  Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Muhammmad Nuh secara resmi meluncurkan  program wakaf uang di Kabupaten Jepara.

Kegiatan yang berlangsung di Pendopo Kartini Jepara, Jum’at, (31/1) ini ditandai pemukulan golong oleh Muhammmad Nuh. Hadir padaacara ini tokoh agama, tokoh masyarakat dan kepala OPD di Jepara.

blank
Penyerahan Wakaf Uang Plt Bupati dan Sekda Jepara kepada Ketua BWI Jepara

Menurut Ketua Perwakilan BWI Jepara Sholih, wakaf uang pada dasarnya sama seperti pada wakaf umumnya, yaitu  menahan hak milik atas suatu benda untuk tujuan menyedekahkan   di jalan Allah.

“Berapapun uang yang kita sedekahkan, sudah bisa menjadi wakif atau orang yang memberi wakaf. Wakaf berupa uang memiliki keluwesan atau fleksibilitas dan kemaslahatan   besar bagi umat, ” ujar Sholih.

Selain itu, dana yang diwakafkan tidak akan berkurang jumlahnya. Sebaliknya dana tersebut akan berkembang melalui investasi yang dijamin aman. Sebab pengelolaan dilakukan secara amanah, bertanggung jawab, professional, dan transparan.

“Sedangkan adanya wakaf ini untuk peningkatan kemaslahatan umum,  seperti prasarana ibadah dan sosial, serta kesejahteraan masyarakat,” unggkap Sholih lebih lanjut.

Sholih menambahkan, bagi masyarakat jepara yang mau mewakafkan uangnya bisa ke Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang (LKS PWU) yang telah bekerjasama dengan BWI, yakni Bank BNI Syariah dengan nomor rekening 2020-233-233, atas nama  Perwakilan Badan Wakaf Indonesia Kabuapaten Jepara.

Selaian itu juga bisa datang langsung kekantor layanan Perwakilan BWI Kabupaten Jepara di Kantor Kementriaan Agama, atau ke Kantor Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Jepara.

Sementara itu, Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi yang diwakili Sekda Jepara Edy Sujatmiko berharap masyarakat Bumi Kartini bisa ambil bagian dalam program wakaf uang. “Dampaknya dipastikan  mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jepara,” ujar Edy Sujatmiko.

Ketua Badan Wakaf Indonesia (BWI) Muhammad Nuh mengatakan, saat ini BWI sedang berusaha untuk  memperbanyak wakif, terutama kalangan  milenial di kampus-kampus. Karena kedepan, para mahasiswa merupakan generasi penerus. Oleh sebab itu akan melauncing wakaf poin,” ujar Muhammad Nuh.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan wakaf uang secara simbolis dari Plt. Bupati Jepara Dian Kristiandi yang diserahkan  Sekda Jepara Edy Sujatmiko, Plt. Kakan Kemenag Jepara, perwakilan OPD, Ketua Perwakilan BWI Jepara, kalangan pengusaha, Duta Wakaf Unisnu kepada Bank BNI Syari’ah.

Disamping itu dilakukan penyerahan sertifikat tukar guling tanah di Desa Sengonbugel Kecamatan Mayong oleh Ketua BWI Pusat kepada Nazhir wakaf perseorangan.

Hadi Priyanto