blank
Petugas mengecek satu persatu laptop yang akan digunakan untuk tes SKD CPNS 2019 yang berlangsung di GOR Samapta, Kota Magelang, (Bag Prokompim Pemkot Magelang)

blank
MAGELANG (SUARABARU.ID)-
Tes seleksi kemampuan dasar (SKD) CPNS 2019 untuk Kota dan Kabupaten Magelang, Temanggung  dan Purworejo yang dipusatkan di GOR Samapta, Komplek Gelora Sanden, Kota Magelang,  dimulai 1 Februari dan berakhir pada 18 Februari 2020.

Untuk membantu peserta dari luar kota agar tidak bingung menuju tempat tes, Pemkot Magelang memberi layanan  antar jemput.

‘’Layanan itu kami sediakan cuma-cuma di tiga lokasi penjemputan. Yaitu di Terminal Bus Tidar, pertigaan Safari, Jalan Jeruk, Sanden, dan pertigaan Tuguran, Kelurahan Potrobangsan,’’ kata  Sekda  Joko Budiyono di lokasi tes,  Sabtu (1/2).

Menurutnya, bantuan antar jemput untuk memudahkan peserta tes seleksi khususnya dari luar yang belum mengetahui tempat lokasi tes. . Selain itu, pemkot juga memberikan layanan parkir gratis bagi kendaraan bermotor  milik peserta tes yang diparkir di halaman belakang GOR Samapta.

‘’Fasilitas itu diberikan  agar para peserta dapat mengikuti tes dengan  nyaman. Apalagi sudah dua kali Kota Magelang menjadi tuan rumah seleksi CPNS dan ini merupakan sebuah kepercayaan yang mambanggakan bagi kami,’’ ujarnya  didampingi Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kota Magelang, Aris Wicaksono.

Aris menerangkan, pihaknya sudah mengatur jadual tes SKD.
Gelombang pertama   1-3 Februari untuk pelamar CPNS dari Kota Magelang, dilanjutkan 3-4  Februari  yang melamar melalui  Kabupaten Temanggung. Berikutnya 4-12 Februari pelamar melalui Pemkab Magelang dan 12-18 Februari pelamar dari Kabupaten Purworejo.

Terkait itu, lanjut Aris, pihaknya menyediakan 270 buah  komputer jinjing ( laptop). Dari jumlah itu yang digunakan untuk tes sebanyak 250 buah dan sisanya untuk cadangan.
Selain itu, juga menyediakan generator listrik ( genset) sebagai catu daya  pembangkit listrik dan server. Untuk menjamin kenyamanan  bagi para peserta di dalam GOR Samapta juga dilengkapi alat pendingin udara.

‘’Fasilitas alat pendingin udara selain untuk member rasa nyaman peserta tes, juga untuk menjaga  perawatan laptop di ruangan itu,’’ tuturnya.

Untuk mengantisipasi hal-hal yangtidak diinginkan seperti gangguan teknis server pada saat pelaksanaan tes, pihaknya bersama Badan Kepegawaian Nasional  (BKN) telah melakukan ujicoba peralatan laptop dan server  dua hari sebelum pelaksanaan tes
tersebut.

Aris menjelaskan, setiap hari pelaksanaan tes SKD dibagi lima sesi. Setiap sesi yang berlangsung selama 90 menit tersebut diikuti 250 peserta.
‘’Hari  pertama  Sabtu ( 1/2), pelaksanaan tes hanya berlangsung empat sesi dimulai pada pukul 10.00 WIB. Sedang hari biasa dilaksanakan mulai pukul 08.00 WIB dengan lima sesi, kecuali, hari Jumat empat sesi,’’ paparnya.

Jumlah peserta tes sebanyak   20.706  pelamar,  terdiri atas 3.433 orang dari Kota Magelang, Kabupaten Magelang 10.144 orang, Kabupaten Purworejo 6.225 orang, dan Kabupaten Temanggung 904 orang.

Sedang jumlah  pendaftar CPNS melalui Pemkot Magelang untuk formasi tahun 2019 yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti tes SKD sebanyak 3.433 dari pelamar 3.734 orang.

“Mereka memperebutkan formasi sebanyak 225, meliputi tenaga pendidik 132 formasi, tenaga kesehatan 78 formasi dan tenaga teknis lainnya 15 formasi,’’ ungkap Aris. (pro)

Editor : Doddy Ardjono