blank
Hall Multifunction di kawasan Sport Center Kudus mulai disatroni maling. foto: Suarabaru.id

KUDUS (SUARABARU.ID) – Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kudus menyesalkan terjadinya kasus pencurian puluhan lampu penerangan dan empat mesin pompa air  pada bangunan multifunction sport hall, kompleks Sport Center Balai Jagong, Kudus.

“Kami mencatat ada 39 lampu penerangan yang hilang dicuri, ditambah empat unit mesin pompa air,” kata Kasi Peningkatan Prestasi dan Sarpras Olahraga pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Subarkah.

Ia mengakui sudah berupaya mengecor tempat mesin pompa air tersebut supaya tidak dicuri kembali. Akan tetapi, mesin pompa air tersebut masih juga dicuri.

Pelaku diduga mengambil lampu melalui pintu barat dan pintu timur karena kunci di dua pintu tersebut mengalami kerusakan.

Ia mengakui tidak ada penjaga yang mengawasi bangunan tersebut selama 24 jam karena pembuatan pagar di tiap-tiap bangunan di sport center juga baru diusulkan pada anggaran tahun 2021.

Selain pada bangunan multifunction hall, oknum tidak bertanggung jawab juga sempat mengambil lampu di GOR Bung Karno, yakni pada gedung bagian belakang.

“Kasus pencurian tersebut memang ada saksi yang melihat. Mereka bekerja sama agar bisa mengambil lampu penerangan tersebut,” ujarnya.

Ia berharap masyarakat ikut menjaga bangunan dan sarana serta prasarana yang ada di Sport Center Balai Jagong karena masyarakat yang memanfaatkannya nanti.

Sementara itu, Kapolsek Kota Kudus AKP Khoirul Naim mengakui belum menerima laporan adanya kasus pencurian bola lampu dan mesin pompa air di kompleks Hall Sport Center Balai Jagong Kudus.

“Kami akan segera menerjunkan petugas untuk melakukan pengecekan guna memastikan apakah benar terjadi pencurian,” ujarnya.

Sport Center berada di satu lokasi kawasan Balai Jagong Kudus. Kawasan ini berada di dekat Stadion Wergu Wetan yang dibangun antara tahun 2016 hingga 2018. Di lokasi ini terdapat beberapa fasilitas olahraga indoor maupun outdoor.

Sport Center saat ini menjadi salah satu kawasan terbuka hijau yang menjadi favorit kunjungan warga. Di lokasi ini setiap pagi dipenuhi dengan aktivitas warga yang berolahraga sementara di malam hari lokasi ini sarat dengan PKL yang menawarkan aneka dagangan.

Antara/Ab