blank
Basarnas saat melakukan koordinasi di lapangan.(ant)

CILACAP (SUARABARU.ID) – Seorang penambang pasir hilang tenggelam di Sungai Serayu, Desa Pesanggrahan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

“Berdasarkan informasi dari seorang petugas Babinsa Bunton, saudara Kuswanto, yang kami terima pada pukul 10.00 WIB, korban diketahui bernama Karsono (45), warga Desa Pesanggrahan RT 04 RW 01, Kecamatan Kesugihan, Cilacap,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap, I Nyoman Sidakarya.

Ia mengatakan peristiwa nahas itu terjadi saat korban sedang memuat pasir di Depo Pasir, Sungai Serayu, Desa Pesanggarahan, pada Rabu (29/1), sekitar pukul 08.35 WIB.

Akan tetapi, penyakit ayan yang diderita Karsono tiba-tiba kambuh sehingga korban jatuh ke Sungai Serayu dan tenggelam hingga akhirnya hilang.

Rekan-rekan korban, Nasam (57) dan Piran (45), keduanya warga Desa Pesanggrahan yang melihat kejadian tersebut segera melaporkannya ke petugas Babinsa yang diteruskan ke instansi terkait.

“Setelah menerima informasi tersebut, kami segera memberangkatkan satu Tim Rescue Basarnas dengan menggunakan rescue car menuju lokasi kejadian untuk bergabung bersama potensi SAR yang sudah di lokasi kejadian’’.

‘’Tim Rescue Basarnas membawa peralatan lengkap untuk operasi pencarian dan pertolongan (SAR) di air,” kata Nyoman.

Menurut dia, operasi SAR di Sungai Serayu tersebut melibatkan personel Basarnas Kantor Pencarian dan Pertolongan Cilacap, Koramil Kesugihan, Polsek Kesugihan, Cilacap Rescue, RAPI Cilacap, dan dibantu warga sekitar.

Ant/mm