blank
Para prajurit TNI Kodim 0728 Wonogiri pimpinan Dandim Letkol (Inf) Imron Masyahadi, melaksanakan Hanmars tentara.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Dalam rangka menjaga kesmaptaan jasmani dan meningkatkan kondisi kebugaran pisik prajurit, Rabu (29/1), Kodim 0728 Wonogiri menggelar kegiatan ketahanan mars (Hanmars) tentara. Sebelumnya, juga digelar upaya meningkatkan kebersamaan semangat korsa bagi seluruh prajurit TNI jajaran Kodim 0728 Wonogiri, melalui kegiatan mengingat dan melatih kemampuan ulang ilmu dasar kemiliteran.

Kegiatan Hanmars tentara ini, dilakukan dengan mengadakan baris berjalan kaki menempuh jarak 7 Kilometer (KM). Mengambil start dari Makodim Wonogiri, kemudian menyusuri route sepanjang ruas Jalan Jendral Sudirman, dan menuju titik finish di puncak Gunung Giri yang berada di kawasan Alas Kethu.

Para prajurit yang melalukan Hanmars, sebelumnya mengawalinya dengan senam pemanasan dan menjalani pengecekan kesehatan. Tujuannya, untuk mencegah resiko cidera dalam pelatihan. Senam pemanasan, dipimpin oleh Batiops Peltu Widhy, dan pengecekan kesehatan dilakukan oleh tim medis dari Klinik Pratama Kartika-28 Wonogiri.

blank
Pengulangan latihan bongkar pasang senjata api, dilakukan oleh jajaran prajurit TNI Kodim 0728 Wonogiri. Ini dilaksanakan dalam agenda minggu militer.

Jiwa Korsa
Komandan Kodim (Dandim ) 0728 Wonogiri, Letkol (Inf) Imron Masyhadi, yang turut serta melaksanakan Hanmars, menyatakan, kegiatan ini, selain untuk menjaga kemampuan pisik prajurit, juga untuk menjaga kebersamaan dan memupuk jiwa korsa insan tentara.

Pasiops Lettu (Inf) Toto Mardoyo, menambahkan, Hanmars merupakan bagian dari pembinaan jasmani militer (Binjasmil), yang merupakan salah satu materi dari agenda rutin akhir bulan atau yang dikenal dengan minggu militer.

Dandim 0728 Wonogiri, Letkol (Inf) Imron MasyhadiPerwira Penerangan Kodim (Pendim) 0728 Wonogiri, Lettu (Inf) Nurhadi, menyatakan, minggu militer merupakan agenda satuan, yang rutin dilaksanakan pada setiap bulan. Tujuanya, agar para prajujrit TNI tetap terjaga kemapuan olah keprajuritan dan kebugaran jasmaninya. Yang tak kalah penting, adalah terjaganya moril semangat prajurit, serta jiwa korsa sebagai anggota TNI.

Dasar Keprajuritan
Selain itu, kegiatan minggu militer untuk menunjang kegiatan tugas sehari-hari para prajurit. Walaupun sebagai satuan komando kewilayahan (Satkowil), yang sebagian besar personelnya adalah Babinsa yang melaksanakan tugas kewilayahan, mereka tidak boleh melupakan kemampuan dasar keprajuritan.

blank
Sebagai prajurit Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil), para insan TNI Kodim 0728 Wonogiri ini senantiasa menjaga dan mengasah kemampuan militernya.

Sebelumnya, Senin (27/1), setelah usai upacara di lapangan apel Makodim 0728 Wonogiri, diadakan agenda minggu militer yang diikuti seluruh anggota Kodim. Dipimpin oleh Batiops Pelda Widy, dilakukan penyampaian materi pengulangan teknik Peraturan Baris Berbaris (PBB), dan praktik bongkar pasang senjata api ringan jenis M16 A-1 dan SS1-V1.

Dandim 0728 Wonogiri, Letkol (Inf) Imron Masyhadi, melalui Pelda Widy, menyatakan, tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini,untuk meningkatkan kebersamaan seluruh prajurit TNI jajaran Kodim 0728 Wonogiri. Juga untuk mengingat dan melatih ulang ilmu dasar kemiliteran, agar tetap dimilik oleh semua prajurit, meski berdinas sebagai aparat kewilayahan. Ilmu dasar keprajuritan, termasuk bela diri militer, harus tetap dimiliki oleh setiap insan Prajurit Sapta Marga.

Bambang Pur